moms-life

Bunga Segar di Atas Makam, Bukti Cinta Habibie pada Ainun

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 12 Sep 2019 12:19 WIB
Bunga Segar di Atas Makam, Bukti Cinta Habibie pada Ainun
Jakarta - Kisah cinta mendiang presiden RI ke-3 BJ Habibie dengan Hasri Ainun Besari atau Ainun bisa jadi contoh bagaimana wujud cinta sejati. Ya, cinta sejati sehidup semati yang hanya dipisahkan oleh maut.

Pada 22 Mei 2010, Ainun berpulang ke pangkuan yang Maha Kuasa setelah berjuang melawan kanker ovarium yang diidapnya. Separuh jiwanya pergi, Habibie pun dirundung kesedihan. Namun, sebagai bukti cintanya pada Ainun, Habibie senantiasa memberi bunga segar di makam Ainun di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Saat menjabat sebagai Menteri Sosial, Khofifah mengaku sering mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Setiap ke sana, Khofifah selalu menemui bunga segar di makam Ainun.


"Saya kebetulan pernah mendapat mandat di Kementerian Sosial, saya termasuk rajin ke Taman Makam Pahlawan utama Kalibata. Karena TMP Kalibata itu dalam koordinasi Kementerian Sosial," kata Khofifah dilansir detikcom.

Khofifah juga bercerita, sepeninggal Ainun, Habibie tak pernah absen mengunjungi makam istrinya setiap malam hingga 40 hari wafatnya. "Pak Habibie semua orang mengenal begitu cintanya kepada seorang ibu Ainun Habibie. Saya mendapat informasi bahwa dari hari pertama sampai hari ke 40 wafatnya Bu Ainun, setiap malam Pak Habibie ada di makamnya Bu Ainun Habibie," imbuh Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga kerap melewati blok makam para wakil presiden hingga istri presiden. Saat melewati makam Ainun, Khofifah selalu melihat ada bunga segar di atas makam. Diketahui, bunga tersebut memang dari Habibie yang saban hari mengunjungi Ainun.

"Di satu blok, saya selalu melihat ada buket bunga yang selalu fresh di taman makannya Ibu Ainun Habibie. Dan di sebelahnya semua orang tahu bahwa Pak Habibie minta disiapkan ruang di sebelahnya Bu Ainun ketika beliau dipanggil," imbuh Khofifah.

Sudah menjadi rahasia umum jika cinta Habibie pada Ainun begitu kuat. Nah, bicara soal bunga di makam, beberapa arkeolog menyatakan bahwa ini adalah tradisi. Dikutip dari situs Ingelwood Park Cemetery, ada beberapa alasan orang menaruh bunga di makam orang tercinta, yaitu:

Habibie dan AinunHabibie dan Ainun/ Foto: Dok. Wikipedia
1. Sebagai bentuk penghormatan dan wujud cinta orang yang masih hidup pada mendiang. Termasuk juga upaya untuk mengingat memori orang yang sudah meninggal. Bukan tak mungkin juga bunga diberikan di makam saat hari spesial si almarhum untuk menunjukkan yang bersangkutan tetap hidup di hati orang terkasihnya.

2. Untuk alasan estetika, bunga kerap diandalkan supaya makam terlihat lebih indah.

3. Sebagai simbol. Ada beberapa jenis bunga yang mengandung simbol seperti bunda lili yang dipercaya melambangkan bahwa orang yang sudah meninggal telah tenang. Kemudian, bunga mawar sebagai tanda cinta dan persahabatan. Lalu, bunga krisan yang melambangkan penghormatan.

Ketahui juga cerita Jokowi ketika menjenguk Habibie di RS dalam video berikut ini.

[Gambas:Youtube]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi