moms-life

Putra BJ Habibie: Ibu dan Bapak Sekarang Sudah Bisa Bersatu

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 12 Sep 2019 16:29 WIB
Putra BJ Habibie: Ibu dan Bapak Sekarang Sudah Bisa Bersatu
Jakarta - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam sambutan keluarga di upacara pemakaman, putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie menyampaikan rasa terima kasih atas doa yang diberikan pada almarhum sang ayah.

Dalam sambutannya, Ilham juga memberi hal-hal yang dicontohkan almarhum Habibie sepanjang hidupnya. Salah satu yang disebutkan Ilham adalah contoh mengenai cinta. Dia melanjutkan, cinta tersebut adalah cinta suami istri, cinta pada saudara, cinta pada pekerjaan, cinta pada negara dan bangsa, cinta pada dunia ini seluas-luasnya.

"Nama Habibie dengan arti yang mencintai yang dicintai," ujar Ilham. Lebih lanjut, Ilham membagikan cerita ketika sembilan tahun lalu sang ibu, Hasri Ainun berpulang ke rahmatullah.


"Mereka (ibu dan bapak) sekarang sudah bisa bersatu dalam akhirat, satu hal yang didambakan oleh Bapak semenjak Ibu meninggal. Bayangkan, Bapak tiap hari ke makam. Begitu setia bapak pada ibu. Sampai wafat dan sekarang dikuburkan di samping ibu," tutur Ilham.

"Insya Allah didoakan semoga mereka selalu berdua di sisi Allah SWT, di surga, di akhirat," tambah Ilham.

Dia juga mengungkapkan, sang ayah adalah sosok yang tidak pernah menyerah dan lelah untuk mencapai kemajuan sosial. Meski punya penyakit, sebisa mungkin Habibie hadir di beberapa acara memberi pendapat dan nasihat yang diperlukan.

"Beliau juga memiliki sikap terbuka pada semuanya, merangkul semua pihak, tidak membedakan," pungkas Ilham.

Habibie memang sering ziarah ke makam Ainun. Pada Juni lalu, Habibie mengunjungi TMP Kalibata. Dikutip dari detikcom, Habibie mengenakan setelan jas warna hitam dan peci berwarna senada.

Dipapah Paspampres dan seorang cucunya, Habibie melangkah menuju makam sang istri. Dia datang ziarah bersama Ilham serta beberapa cucunya.

Habibie kemudian duduk di samping pusara Ainun. Dia mengenakan kalung tasbih warna cokelat di lehernya dan satu lagi, tasbih warna hitam, ditaruh di batu nisan makam.

Ilham Akbar HabibieIlham Akbar Habibie - Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Habibie dan keluarga lalu khusyuk memanjatkan doa. Ya, Habibie dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai Ainun, yang meninggal dunia di Munchen, Jerman, pada 22 Mei 2010, di usia 72 tahun.

Simak juga bagaimana masyarakat turun ke jalan melihat iring-iringan jenazah BJ Habibie, dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi