sign up SIGN UP search

moms-life

12 Ciri Pria yang Berpotensi Lakukan KDRT, Bukan Suami Idaman

Yuni Ayu Amida Senin, 23 Sep 2019 13:20 WIB
Kenali 12 ciri pria yang berpotensi melakukan KDRT ini, Bun. Bukan suami idaman banget! caption
Jakarta - Tentunya tak satu pun wanita yang menginginkan adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Namun, salah memilih pasangan, bisa jadi penyebab hal ini terjadi.

Psikolog Ester Lianawati menuturkan, kekerasan adalah hasil proses belajar, dari pola asuh, faktor lingkungan, dan sebagainya. Tidak ada seorang pun yang lahir sebagai pelaku kekerasan. Itu artinya, sebenarnya pelaku KDRT bisa berubah.

"Tetapi, dia tidak mungkin berubah hanya dengan meminta maaf. Tidak pula hanya dengan menyadari perbuatannya dan keinginan untuk berubah. Penyesalan, kesadaran, dan keinginan berubah perlu diikuti dengan upaya nyata untuk menyembuhkan diri," terang Ester, dikutip dari detikcom.


Selain itu, kata Ester, tidak ada yang dapat dilakukan orang-orang sekitar untuk membantu pelaku KDRT benar-benar sembuh, karena prosesnya lebih bersifat individual. Mungkin, pada tindak kekerasan yang fatal yang dia lakukan, dapat memunculkan seketika kesadarannya. Misal, ketika melihat korban hampir mati di tangannya, atau ketika melihat anak-anaknya sangat ketakutan menyaksikan kekerasannya terhadap ibu mereka.

"Ada pula yang cukup dengan korban benar-benar meninggalkannya. Ia kemudian memperbaiki diri meski sudah tidak dapat lagi bersama korban," terangnya.

Sebenarnya, kunci terhindar dari KDRT adalah sebelum memutuskan untuk menikah, kita mesti mengenali pasangan, Bun. Agar kita tidak salah memilih, dilansir CBN, berikut ini 12 ciri pria yang berpotensi melakukan KDRT, yang mesti kita waspadai.

1. Sangat menarik

Di awal hubungan, dia menghujani wanita dengan pujian, pemujaan, dan perhatian. Pacarannya manis dan penuh dengan ungkapan seperti, 'Aku tidak bisa hidup tanpamu.' Hati-hati, Bun, secara tidak langsung ini bisa membuat kita terikat karena rayuannya.

2. Mudah cemburu

12 Ciri Pria yang Berpotensi Lakukan KDRT, Bukan Suami IdamanFoto: Dok. iStock

Pria seperti ini memandang pria lain sebagai ancaman dalam hubungannya. Ia juga bisa dengan mudah menuduh wanitanya menggoda semua orang. Sikap ini tak jarang membuatnya over protective pada pasangan.

3. Manipulatif

Pria ini sangat cerdas. Dia tahu bagaimana mendeteksi titik-titik lemah pasangannya, dan dia menggunakan kerentanan pasangannya tersebut untuk keuntungannya.

4. Terlalu mengontrol

Dia selalu ingin tahu ke mana kita pergi dan sedang bersama siapa kita setiap saat. Dia ingin kita meminta izin padanya sebelum melakukan aktivitas. Dia juga tidak segan mengecek handphone atau hal privasi lainnya. Bahkan melarang kita keluar atau bekerja karena anggapan kita akan 'bertemu seseorang'.

5. Menganggap dirinya korban

Dia selalu menyalahkan orang lain, bahkan atas kesalahannya sendiri. Ketika dia kehilangan pekerjaan atau kesempatan, pasti semua dianggapnya karena orang lain. Dia tidak pernah dan tidak mau merasa bersalah.

6. Merasa berkuasa

Pria ini cenderung menganggap tidak ada orang yang lebih baik darinya. Wanitanya hanya dianggap budak yang tunduk dan patuh padanya. Dia juga berusaha mengendalikan apapun sesuai keinginannya.

7. Tidak konsisten

Suasana hatinya mudah berubah-ubah. Satu menit dia tampak bahagia dan manis, kemudian dia bisa berubah kasar dan pemarah.

8. Sering menghina

Tidak peduli seberapa keras kita mencoba, kita tidak akan pernah bisa memuaskan pria seperti ini. Dia akan dengan mudahnya merendahkan wanita dengan menyerang secara verbal. Kata-kata kasar dari mulutnya seolah jadi hal biasa yang dilontarkannya tanpa pikir panjang.

9. Mengisolasi

Pria seperti ini berusaha membuat wanitanya bergantung padanya. Ini menyebabkan dia seperti ingin memutus hubungan si wanita dengan keluarga dan temannya. Ia sering melarang atau menghalangi pasangan untuk berkomunikasi dengan orang lain, bahkan dengan keluarga sendiri.

10. Hipersensitif

Kesalahan sekecil apapun bisa menjadi besar bagi pria seperti ini. Dia sangat sensitif dan mudah merasa terhina.

11. Kejam

Bagi pria seperti ini, membuat orang merasa sakit dan mengintimidasi merupakan sumber kekuatannya. Mereka juga cenderung kasar terhadap anak-anak bahkan hewan. Mereka tak segan membunuh atau menyiksa hewan yang tak bersalah.

12. Menunjukkan reaksi berlebihan

Mungkin pada satu titik, dia akan bersumpah untuk tidak pernah memukul atau melakukan kekerasan lagi. Ia bahkan bisa memohon-mohon ampunan dari wanitanya. Namun, sangat kecil kemungkinan mereka benar-benar berubah.

Simak selengkapnya ciri pasangan berpotensi KDRT dalam tayangan berikut, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!