moms-life

5 Artis Indonesia Idap Gangguan Mental, Ada Faktor Keturunan

Yuni Ayu Amida Kamis, 10 Oct 2019 13:45 WIB
5 Artis Indonesia Idap Gangguan Mental, Ada Faktor Keturunan 5 Artis Indonesia Idap Gangguan Mental, Ada Faktor Keturunan /Foto: dok. Channel YouTube Deddy Corbuzier
Jakarta - Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day diperingati setiap tahunnya pada 10 Oktober. Tentunya, peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan jiwa yang tidak bisa disepelekan.

Salah satu gangguan kesehatan mental yang perlu perhatian adalah depresi. Dokter spesialis kedokteran jiwa Agung Frijanto menjelaskan, depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan bahkan hilangnya harapan hidup. Pada tingkat ekstrem, depresi memunculkan ide untuk bunuh diri, menyakiti diri sendiri, bahkan melakukan tindakan bunuh diri.

"Dalam ilmu medis ada beberapa faktor menyebabkan seseorang lebih mudah terkena depresi yaitu faktor biologis, psikososial, dan spiritual," kata Agung, dikutip dari CNN Indonesia.


Penyakit mental atau bahkan depresi ini bisa menyerang siapa saja lho, Bunda, termasuk kalangan selebriti. Nah, berikut ini lima artis yang mengakui pernah mengalami penyakit mental. Siapa saja?

1. Marshanda

5 Artis Indonesia Idap Gangguan Mental, Ada Faktor KeturunanFoto: Pool/Noel.


Kehidupan artis Marshanda, yang akrab disapa Chaca, memang tak lepas dari sorotan publik. Terlebih saat dia mengakui bahwa dirinya mengidap bipolar disorder tipe II.

"Menurut dr.Richard yang selama ini menangani aku, memang aku mengidap Bipolar Disorder II," ucap Chaca, dikutip dari detikcom.

Kata mantan istri Ben Kasyafani ini, pertama kali ia mengidap depresi saat umurnya masih belasan tahun. "Pertama kali depresi itu aku umur 17 tahun memang," jelasnya.

Chacha mengatakan, dirinya hanya ingin dimengerti dengan empati. Tapi kenyataan yang dirasakan adalah tak ada orang yang bisa mengerti dia sepenuhnya.

2. Atiek CB

Penyanyi legendaris Atiek CB ternyata pernah mengalami gangguan mental. Ia mengatakan, hal tersebut salah satunya karena faktor keturunan.

"Saya punya mood swing yang up and downnya gila, terus itu mungkin turunan dari nenek saya, yang dari papa saya, dia punya skizofrenia. Dari keluarga ibu saya juga ada skizofrenia, dan itu nurun," jelasnya dilansir InsertLive.

Bahkan, kata pemilik nama asli Atiek Prasetyawati ini, hal ini juga menurun pada dua anaknya. Anak pertamanya bahkan mengidap bipolar type satu. Dan salah satu caranya untuk bangkit dari keadaan itu adalah dengan bernyanyi.

"Makanya saya lebih senang menyendiri, kadang sedih, kadang happy, lebih banyak sedihnya, terus menyanyi jadi medium untuk saya saat saya lagi sedih," terangnya.

3. Vidi Aldiano

Penyanyi Vidi Aldiano juga pernah mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengalami depresi, yaitu gangguan mental anxiety attack atau gangguan kecemasan. Bahkan ia sampai dilarikan ke rumah sakit.

Rupanya, salah satu alasan pelantun lagu Nuansa Bening ini mengalami depresi adalah karena tekanan dari dalam dirinya sendiri. Ia ingin selalu tampil sempurna, dan itu menjadi beban dalam hidupnya.

"Tekanan dari gue diri sendiri sih. Jadi gue itu orangnya sangat perfeksionis, jadi if I don't achieve something yang gue mau terkadang I put a blame on my self, itu sih yang enggak sehat," terangnya.

4. Tora Sudiro

5 Artis Indonesia Idap Gangguan Mental, Ada Faktor KeturunanFoto: Palevi S/detikFoto


Pada 2017, Tora Sudiro pernah ditangkap polisi karena menyimpan 30 butir dumolid tanpa resep dokter. Alasan Tora Sudiro menggunakan obat tersebut rupanya karena ia menderita stres dan insomnia.

Tak hanya itu, suami Mieke Amalia ini juga ternyata mengidap Sindrom Tourette. Ini merupakan penyakit yang menyerang saraf, yang menyebabkan penderita sering mengeluarkan ucapan atau gerakan spontan dan tak terkontrol. Sindrom tourette ini merupakan penyakit keturunan.

"Enggak bisa sembuh total. Saya tahu Tourrete ini pas lagi nonton HBO. Di situ dijelaskan, itu ternyata ada ya. Gue cari di Wikipedia ada, sampai obatnya juga ada. Obatnya memang penenang. Tourrete ini penyebabnya kalau kata dokter memang keturunan. Penyakit ini bawaan kecil. Saya pakai obat ini (Dumolid) juga bukan buat macam-macam," cerita Tora.

5. Deddy Corbuzier

Mentalist Deddy Corbuzier juga sempat membuat pengakuan yang mengagetkan publik. Ternyata, ia mengidap penyakit disleksia, yang membuatnya sulit belajar dan menghafal berbagai hal.

"Saya lahir dengan disleksia. Saya sempat tidak naik kelas dua kali berturut-turut karena saya enggak ngerti apa yang guru saya ajarkan," jelasnya, diintip dari Channel YouTube-nya.

Hal ini membuatnya tidak bisa mengikuti pelajaran dan tidak ingat yang diajarkan gurunya. Bahkan ia sempat dianggap bodoh, sampai akhirnya ia baru tahu bahwa ia mengalami disleksia.

Disleksi merupakan gangguan proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, dan mengeja. Pengidap disleksia akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat.

Simak pula penuturan Atiek CB ini, Bunda.

[Gambas:Video Insertlive]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi