sign up SIGN UP search


moms-life

Olahraga Bisa Bikin Jerawatan, Ternyata Ini Penyebabnya

Yuni Ayu Amida Minggu, 03 Nov 2019 06:58 WIB
Bunda kesal karena jerawat kerap muncul setelah olahraga? Ternyata ini penyebabnya. caption
Jakarta - Jerawat malah timbul setelah Bunda berolahraga? Nah, jika pernah mengalami hal tersebut, mungkin ada beberapa kasalahan yang Bunda lakukan. Apa saja? Simak paparan ahli ini ya.

Dalam tayangan Dr.Oz Indonesia di Trans TV, dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), dan dr.Reisa Broto Asmoro, mengatakan, jerawat memang kerap muncul setelah olahraga. Nah, ternyata hal ini karena kita kurang bersih, Bunda.

"Ini sensitif, karena minyak pada daerah wajah ditambah dengan adanya kotoran-kotoran di sekitar kita ini menyebabkan mudahnya timbul jerawat," tutur Boy.


Reisa kemudian menjelaskan, yang memicu timbulnya jerawat setelah olahraga karena kita sering tidak sadar memegang wajah dengan tangan. Padahal tangan kita kotor.

"Dari kotoran yang ada di luar, tiba-tiba kita pegang wajah ya otomatis menempel, mengelap dengan tangan kotor, dan akhirnya muncul jerawat di daerah tersebut," kata Reisa.

Selain itu, penyebab timbulnya jerawat juga karena kita mengelap wajah dengan handuk. Reisa menyarankan, sebaiknya mengelap wajah pakai tisu, karena tisu lebih bersih dari handuk.

"Handuk yang kita gunakan, sudah berkeringat, kita letakkan di tempat enggak bersih, kita gunakan lagi untuk mengelap keringat, lebih baik gunakan tisu dan jangan digosok, ditepuk-tepuk aja," jelas Reisa.

Olahraga Bisa Bikin Jerawatan, Ternyata Ini PenyebabnyaFoto: ilustrasi/thinkstock
Reisa menambahkan, saat olahraga, Bunda sebaiknya jangan pakai makeup. Kalau ingin menggunakan makeup, baiknya satu jam setelah olahraga. Hal ini karena saat berolahraga, sirkulasi darah makin lancar, dan pori-pori terbuka. Ini menyebabkan mudah timbul jerawat jika kita gunakan makeup di waktu tersebut.

Untuk mencuci muka, kata Reisa, baiknya gunakan air dingin dan jangan air hangat. Karena air hangat justru bikin kulit kering. Dan juga jika wajah ingin lebih segar, boleh gunakan facial mist atau toner spray. Namun harus yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

"Karena ada yang mengeringkan, ada yang oily skin, justru kalau enggak cocok disemprot bukan malah segar, tapi jerawat yang didapat," tukas Reisa.

Dermatologis dr.Debra Luftman menambahkan, latihan kadang terasa lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik kesukaan, jadi kadang saat olahraga kita tak lupa bawa headphone. Namun hati-hati, headphone bisa jadi penyebab timbulnya jerawat lho.

"Menggunakan headphone saat olahraga bisa meningkatkan timbulnya jerawat dan infeksi kulit. Karena headphone menjadi tempat berkumpulnya keringat dan pelembap, yang memicu bakteri berkembang," kata Debra Luftman, dilansir Shape.

Meski begitu, bukan artinya kita tak boleh menggunakan headphone saat berolahraga. Karena headphone mudah dibersihkan, solusinya adalah seka saja benda tersebut dengan lap atau tisu basah sebelum digunakan. Serta jangan lupa bersihkan telinga kita setelah pakai headphone.

Tonton selengkapnya di sini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi