moms-life

3 Tips Mengatur Keuangan buat Bunda yang Suka Jalan-jalan

Annisa Karnesyia Senin, 11 Nov 2019 08:41 WIB
3 Tips Mengatur Keuangan buat Bunda yang Suka Jalan-jalan Ilustrasi mengatur keuangan/ Foto: iStock
Jakarta - Mengatur keuangan sebelum atau setelah menikah memang baiknya direncanakan, Bunda. Biar enggak boros, apalagi kalau kita suka jalan-jalan.

Banyak pilihan tabungan bisa Ayah dan Bunda coba untuk menyimpan pemasukan. Beberapa di antaranya adalah tabungan, investasi, dan reksa dana saham.

Menurut Perencana Keuangan, Bareyn Mochaddin, pilihan reksa dana saham bisa Bunda coba untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.


"Kalau reksa dana saham, kita selalu asumsikan, mereka memberikan imbal hasil 18 sampai 20 persen per tahun, beda dengan tabungan yang 2 persen, dan logam mulia 6 sampai 8 persen," kata Bareyn, dikutip dari CNBC Indonesia.

Ilustrasi mengatur keuanganIlustrasi mengatur keuangan/ Foto: iStock

Menurutnya, kalau kita mau menabung dana pendidikan anak untuk 15 tahun lagi, pilihan reksa dana lebih baik. Kalau pakai tabungan dan logam, artinya harus menyimpan lebih besar, Bunda.

"Enggak aneh kalau sekarang kita enggak punya uang, enggak bisa jalan-jalan, enggak bisa gaya, karena kurang tepat memilih produk keuangan untuk mencapai tujuan keuangan," ujar Bareyn.

"Paling penting lakukan keseimbangan hidup, saat ini senang-senang, masa depan ceria, tua sejahtera," sambungnya.

Nah, berikut 3 tips mengatur keuangan menurut Bareyn, agar kita bisa bahagia, sekarang dan di masa depan.

1. Lakukan mapping keuangan.

2. Harus tahu punya aset apa? Berapa nilainya? dan harus tahu berapa banyak utang yang dimiliki, sehingga tahu berapa kekayaan bersih. Kalau sudah menikah, berarti dengan pasangan juga harus tahu.

3. Lakukan alokasi cash flow, kalau ingin gaya tapi budget terbatas, gunakan tawaran-tawaran penyedia aplikasi pembayaran. Selama masih masuk budget, jangan terlalu pelit.

Simak juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi