sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menggoreng Tanpa Minyak dengan Cara Tradisional dan Modern

Asri Ediyati Senin, 13 Jan 2020 14:00 WIB
Kita tahu terlalu banyak minyak kurang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, ternyata Bunda bisa menggoreng tanpa minyak, lho. Simak tipsnya berikut ini, Bunda. caption
Jakarta - Bunda suka masak dengan metode menggoreng? Bicara soal menggoreng, tentu tak lepas dari minyak ya. Dari perspektif kesehatan terlalu banyak konsumsi minyak itu tidak baik.

Dalam beberapa jam setelah menelan segala jenis minyak, pembuluh darah arteri bisa menjadi kaku dan kemampuannya untuk melebar terganggu.


Menurut pegiat vegan Elle, plak yang menumpuk di arteri kita menyebabkan lesi dan penyumbatan arteri hanya bisa dibersihkan dengan mengurangi asupan lemak total, bukan dengan memilih jenis lemak yang 'lebih baik'.


Ditambah, pada usia 10, hampir semua anak memiliki garis-garis berlemak di arteri mereka yang merupakan tanda pertama aterosklerosis. Demikian dikutip dari Wholesomely Elle.

Duh, jadi ikutan ngeri ya apalagi kalau bawa-bawa anak. Nah, kalau Bunda tetap ingin menggoreng, ternyata ada tips untuk menggoreng tanpa minyak lho. Mulai dari cara tradisional hingga cara modern.

1. Pakai daun pisang

Menggoreng juga bisa menggunakan daun pisang, metode ini digunakan masyarakat Aceh saat membuat tenaruh dadeh. Tenaruh (telur) yang digunakan adalah telur bebek, yang dimasak di atas daun pisang dengan hanya menambahkan bawang merah, garam dan jeruk sayur.

Metode ini tanpa menggunakan minyak goreng atau air. Jadi telur hanya dioseng atau diorak-arik di atas daun pisang tersebut. Bisa ditambah dengan sedikit cabai merah, sesuai selera. Demikian dikutip dari Facebook Pawone Ma'e.

2. Tuangkan sedikit air

Alih-alih menggoreng sayuran dalam minyak, Bunda gunakan sedikit air dari sayuran, air. Hal ini untuk menjaga agar tidak lengket di wajan. Panaskan wajan terlebih dahulu, lalu tambahkan sedikit cairan, sekitar satu sendok makan, tergantung pada seberapa banyak Bunda memasak.

Aduk terus untuk mencegah lengket dan memasak secara merata. Untuk memasak makanan dan menyerap cairan lebih cepat, tutup panci dengan penutup atau biarkan terbuka untuk memasak lebih lambat.
Tips menggoreng tanpa minyakTips menggoreng tanpa minyak/ Foto: iStock

3. Pakai baking paper

Sebelum pakai baking paper, pastikan ukuran baking paper seukuran wajan. Keringkan bahan makanan dengan tisu dapur dan tambahkan garam dan merica.

Hangatkan wajan atau pan sampai sedang. Tempatkan kertas dan bahan makanan di atas wajan. Biasanya ikan seperti salmon akan melepaskan minyak dan akan digoreng dengan minyak sendiri. Goreng selama lima atau enam menit tergantung pada ketebalan di satu sisi. Jangan lupa balikkan satu sisi lagi. Demikian dikutip dari Gala in The Kitchen.

4. Gunakan wajan anti lengket

Bunda bisa gunakan peralatan masak anti lengket yang terbuat dari stainless steel, besi berlapis enamel, atau titanium keramik. Makanan akan sama sekali tak lengket di wajan.

5. Air fryer

Metode menggoreng tanpa minyak yang satu ini paling modern. Air fryer pada dasarnya adalah oven konveksi meja. Dilansir Taste of Home, ruangnya yang compact memudahkan memasak lebih cepat. Bagian atas unit memegang mekanisme pemanas dan kipas. Udara panas mengalir cepat dan mengelilingi makanan yang ditempatkan di keranjang. Sirkulasi yang cepat ini membuat makanan menjadi renyah, seperti menggoreng.

Simak juga resep ikan tongkol sambal roa melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

 
(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi