sign up SIGN UP search

moms-life

Tips Menggoreng Ikan Asin agar Renyah dan Tidak Alot

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 26 Jan 2020 13:55 WIB
Ikan asin bila salah digoreng, bisa jadi alot dan tak renyah saat dimakan. Itulah sebabnya, menggoreng ikan asin butuh trik khusus, Bunda. Berikut triknya ya! caption
Jakarta - Ikan asin masih menjadi sajian favorit hampir banyak orang. Ikan yang diasinkan dan dibalut kristal garam ini sering dibuat berbagai macam olahan makanan.

Umumnya, proses mengolah ikan asin cukup sulit. Terutama saat digoreng dalam minyak sayur.


Teksturnya yang keras karena proses pengeringan membuat ikan asin yang telah digoreng sering terasa alot saat dimakan. Nah, mengutip berbagai sumber, berikut 5 tips menggoreng ikan asin agar renyah dan enggak alot:


1. Sebelum menggoreng, sebaiknya Bunda mencuci dulu ikan asin. Mencuci bisa membersihkan kotoran yang menempel dan mengurangi kadar garam pada ikan asin, Bun.

2. Untuk ikan asin yang keras, kita bisa rebus buat melunakkan dagingnya. Selain itu, proses perebusan juga dapat mengurangi kadar garam. Setelah direbus, ikan asin bisa didinginkan. Tak perlu waktu lama, ikan asin sudah siap untuk digoreng.

3. Agar rasa ikan asin renyah, gurih, dan lezat, Bunda bisa goreng dengan minyak bersih ya. Minyak goreng yang digunakan juga cukup banyak sampai ikan terendam dalam minyak.

4. Minyak bisa dipanaskan dengan api sedang. Saat sudah cukup panas, segera masukkan ikan asin untuk digoreng. Agar tak gosong saat menggoreng, kecilkan api kompor dari sedang menjadi kecil.

5. Saat menggoreng ikan asin, pasti akan muncul buih-buih. Hal ini wajar kok. Justru buih ini bisa menentukan kerenyahan ikan asin. Sebelum ikan asin ditiriskan, sebaiknya tunggu sampai buih-buih hilang.


Simak juga kandungan penting ikan yang bagus untuk otak anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!