Sign Up search


moms-life

Tips Menggoreng Pempek Beku agar Tak Meletup

Yuni Ayu Amida Jumat, 14 Feb 2020 13:50 WIB
Tips Menggoreng Pempek Beku agar Tak Meletup caption
Jakarta - Pempek adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan. Teksturnya yang kenyal dengan cita rasa gurih menjadikan pempek sebagai salah satu kuliner populer.

Walaupun saat ini pempek sudah dijual di berbagai kota, namun akan lebih nikmat jika merasakan pempek dari kota asalnya. Untungnya, saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang bisa mengirimkan pempek langsung dari Palembang.


Di samping itu, agar pempek bertahan lama maka harus disimpan di freezer, Bunda. Ini artinya pempek akan beku sebelum dinikmati.


Lalu bagaimana cara menggoreng pempek beku ini agar rasanya tetap nikmat dan tidak meletus saat digoreng? Berikut ini tips yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.


Tips Menggoreng Pempek Beku agar Tak MeletupTips Menggoreng Pempek Beku agar Tak Meletup/ Foto: Istimewa


1. Keluarkan pempek dari freezer dan biarkan di suhu ruang sampai es mencair.

2. Sebelum digoreng, pempek harus direbus terlebih dulu kurang lebih lima menit. Tidak hanya untuk membuat teksturnya jadi lunak, namun juga untuk membersihkan sisa tepung sagu yang melumuri badan pempek.

3. Jika Bunda membeli pempek berukuran besar, misalnya lenjer, potong badan pempek sesuai selera. Namun jika pempek berukuran kecil, misalnya pempek kulit, pempek adaan, atau pempek telur, tidak perlu dipotong lagi.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng dengan api kecil.

5. Pastikan minyak jangan terlalu panas. Walau menggunakan api kecil, jika terlalu lama suhu minyak bisa meningkat. Sebaiknya masukkan pempek sebelum minyak terlalu panas.

6. Masukkan pempek satu per satu, jangan sekaligus. Tujuannya mencegah pempek lengket satu sama lain.

7. Jangan goreng terlalu lama. Menggoreng terlalu lama membuat kulit pempek jadi meletup dan tekstur dalamnya alot.


Simak juga tips menggoreng pisang dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi