Sign Up search


moms-life

Jelang Nikah, Cucu Soeharto & Pramugari Raiyah Gelar Tradisi Bugis Mappacci

Annisa Karnesyia Jumat, 14 Feb 2020 20:28 WIB
Jelang Nikah, Cucu Soeharto & Pramugari Raiyah Gelar Tradisi Bugis Mappacci caption
Jakarta - Putra ke-3 Siti Hardiyanti Indra Rukmana alias Tutut Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana akan menikahi gadis Makassar, Raiyah Chitra Caesaria pada Sabtu (15/2/2020). Setelah menggelar rangkaian acara dari adat Jawa, kini giliran keduanya melaksanakan acara Mappacci dari Makassar.

Acara Mappacci dilaksanakan di di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam (12/2/2020) dan disiarkan langsung di YouTube Cendana TV. Tampak keluarga Danny Rukmana mengenakan pakaian batik bernuansa hijau.


Dalam keterangan di video, Mappacci merupakan sebuah ritual di mana calon pengantin baik perempuan maupun laki-laki diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya. Mappacci berasal dari kata Pacci yang artinya suci dan bersih. Prosesi ini diadakan dengan mensucikan diri sebelum berumah tangga.


Benda yang dihadirkan cukup beragam. Pertama sebuah bantal yang diletakkan di depan calon pengantin, yang memiliki makna penghormatan, martabat atau kemuliaan. Dalam bahasa Bugis berarti Mappakalebbi. Kedua, sarung sutra tujuh lembar yang disusun di atas bantal yang menyimbolkan akan sebuah harga diri.


Danny RukmanaDanny Rukmana saat acara Mappaci/ Foto: Tangkapan layar YouTube cendana TV

Dalam upacara Mappacci ini, Raiyah terlihat mengenakan pakaian tradisional suku Bugis Makassar berwarna merah muda. Ia kemudian duduk di pelaminan khas Bugis. Setelah itu tamu undangan mengoleskan pacci atau daun pacar yang telah dihaluskan di tangan calon mempelai pengantin perempuan. Hingga berita ini ditayangkan, upacara Mappacci masih berlangsung.

Sebelum acara ini, kedua calon mempelai telah menjalani serangkaian persiapan nikah dari adat Jawa, asal keluarga Danny Rukmana. Acara tersebut di antaranya adalah pemasangan bleketepe, siraman, dan sungkeman, Bun.

Besok, akad nikah Danny dan Raiyah akan menggunakan adat Bugis- Makassar, dilaksanakan di Hotel Mulai Senayan, Jakarta Pusat. Sedangkan, resepsi menggunakan adat Jawa-Sunda, diselenggarakan di Grand Ballroom Mulia Hotel malam harinya.

Danny dan Raiyah sudah menjalin hubungan sejak 2018. Pada 14 September 2019 lalu, Danny resmi melamar Raiyah.


Raiyah sendiri adalah putri Andi Abdussalam Tabusalla dan Andi Dalaisya Rifa. Paman Raiyah adalah Andi Darussalam Tabussala, mantan Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) di Sulawesi Selatan. Andi Darussalam juga pernah menjabat Ketua Badan Liga Indonesia dan Manajer Timnas Sepak Bola Indonesia.

Diketahui, Raiyah berprofesi sebagai pramugari. Ia bekerja di sebuah maskapai penerbangan Singapura. Namun, belum ada kepastian apakah saat ini Raiyah masih aktif menjadi pramugari.

Danny Rukmana sendiri sebelumnya pernah menikah dengan artis Lulu Tobing tahun 2006, namun 10 tahun kemudian keduanya bercerai.

Bunda, simak juga kiat harmonis keluarga Oka Antara dan istrinya, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi