Sign Up search


moms-life

Rangkaian Prosesi Pernikahan Cucu Soeharto dan Pramugari Raiyah

Annisa Karnesyia Sabtu, 15 Feb 2020 07:00 WIB
Rangkaian Prosesi Pernikahan Cucu Soeharto dan Pramugari Raiyah Cucu Soeharto Danny Rukmana/ Foto: Dok. Ist
Jakarta - Cucu Presiden ke-2 RI Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau dikenal dengan Danny Rukmana mempersunting kekasihnya Raiyah Chitra Caesaria pada Sabtu (15/2/2020). Beberapa hari jelang nikah, berbagai rangkaian acara digelar.

Pada Kamis pagi (13/2/2020), dilaksanakan pemasangan Bleketepe oleh ayah Danny, Indra Rukmana. Dijelaskan dalam akun Instagram ibu Danny, Siti Hardijanti Indra Rukmana alias Tutut Soeharto, Bleketepe adalah penanda dimulainya suatu hajatan yang dilaksanakan dalam adat Jawa.


"Ini (Bleketepe) sebenarnya bukan doa, hanya sebagai penanda," tulis Tutut Soeharto.


Dari rundown acara yang diterima HaiBunda, sesudah pemasangan Bleketepe, acara dilanjutkan dengan pemasangan padi-padian yang disebut tuwuhan. Tuwuhan memiliki arti sebagai harapan agar acara bisa berjalan lancar.

Di hari yang sama, dilakukan juga persiapan berupa pencatatan nikah yang dilaksanakan di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat. Acara di hari Kamis bisa terbilang padat, Bun. Setelah pencatatan nikah, acara dilanjutkan dengan pengajian. Pengajian dipimpin oleh Maria Ulfah, MA dan dihadiri Danny dan Raiyah beserta keluarga. Pada kesempatan ini, Danny Rukmana juga membacakan surat pendek Alquran.

Prosesi siraman Danny RukmanaProsesi siraman Danny Rukmana/ Foto: dok ist

Setelah pengajian, acara dilanjutkan dengan Bucalan dan Majemukan. Bucalan merupakan ritual penyucian tempat-tempat tertentu agar pernikahan dijauhkan dari gangguan. Sedangkan Majemukan adalah acara selamatan memohon pada Tuhan agar semua rangkaian acara pernikahan dilancarkan sampai selesai.

Sehari jelang menikah atau Jumat pagi (14/2/2020), diadakan serangkaian acara adat Jawa, seperti sungkeman, siraman, potong rikmo, nanem rikmo, dodol dawet, dulang pungkasan, dan begalan. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman calon mempelai pria.

Malam harinya, keluarga besar Danny dan Raiyah melaksanakan tradisi Makassar, Mappacci. Prosesi ini merupakan sebuah ritual di mana calon pengantin baik perempuan maupun laki-laki diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya. Mappacci diadakan dengan tujuan mensucikan diri sebelum berumah tangga.

Akad nikah Danny dan Raiyah akan menggunakan adat Bugis-Makassar, dilaksanakan di Hotel Mulai Senayan, Jakarta Pusat. Sedangkan, resepsi menggunakan adat Jawa-Sunda, diselenggarakan di Grand Ballroom Mulia Hotel malam harinya.

Danny Rukmana dan RaiyahDanny Rukmana dan Raiyah/ Foto: Istimewa


Dikutip dari detikcom, Danny dan Raiyah sudah menjalin hubungan sejak 2018. Raiyah pertama kali bertemu dengan Danny karena dikenalkan oleh saudara sepupunya saat berada di Singapura. Keduanya sempat menjalin hubungan jarak jauh sebelum memutuskan bertunangan pada 14 September 2019 lalu.

"Awalnya ketemu (Danny) dikenali saudara aku, diajak makan. Tanggal 27 Februari 2018," kata Raiyah Chitra Caesaria

Raiyah sendiri adalah putri Andi Abdussalam Tabusalla dan Andi Dalaisya Rifa. Ia termasuk berasal dari keluarga terpandang, Bun.

Paman Raiyah adalah Andi Darussalam Tabusalla, mantan Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) di Sulawesi Selatan. Andi Darussalam juga pernah menjabat Ketua Badan Liga Indonesia dan Manajer Timnas Sepak Bola Indonesia.


Diketahui, Raiyah berprofesi sebagai pramugari. Ia bekerja di sebuah maskapai penerbangan Singapura. Namun, belum ada kepastian apakah saat ini Raiyah masih aktif menjadi pramugari.

Bagi Danny Rukmana, pernikahan ini menjadi yang kedua. Sebelumnya, Danny pernah menikah dengan artis Lulu Tobing tahun 2006, namun 10 tahun kemudian keduanya bercerai.

Bunda, simak juga kiat jalani rumah tangga LDR ala Tasya Kamila, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi