sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menggoreng Bakwan Jagung yang Renyah

Annisa Afani Senin, 02 Mar 2020 05:30 WIB
Tips Menggoreng Bakwan Jagung yang Renyah caption
Jakarta -
Jagung dianggap sebagai sayuran berpati, sehingga para penderita diabetes bisa menjadikan jagung pengganti nasi sebagai makanan pokok. Sebab, jagung mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang menjadi sumber tenaga bagi tubuh.
Dilansir dari Mayo Clinic Health System, jagung memiliki kandungan serat yang tinggi, dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu jagung juga mengandung vitamin B dan mineral penting yang menutrisi tubuh seperti magnesium, dan zat besi.


Jagung jika ditambahkan dengan bumbu atau suatu resep, mampu meningkatkan cita rasa yang dimilikinya. Jagung juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi, cemilan, atau bahkan lauk. Nah Bun, resep dengan bahan baku yang memanfaatkan sayuran ini salah satunya adalah bakwan jagung.
Berikut tips membuat bakwan jagung renyah yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Memilih jagung

Pastikan jagung yang akan digunakan masih segar dan sudah matang ya, Bun. Untuk memilihnya, bisa dilihat dari kulit yang berwarna hijau terang, masih menempel pada jagung, serta lembap. Lalu juga bisa dilihat dari pangkal jagung. Jika terlihat berwarna coklat berarti jagung tidak lagi segar.
Selanjutnya tekan biji jagung. Apabila dirasa segar, kencang, dan sedikit kenyal itu berarti jagung masih segar. Setelah dianggap cocok, Bunda bisa menyerut jagung pilihan tersebut, kemudian dihaluskan untuk selanjutnya diolah. Tidak perlu terlalu halus ya Bun, cukup diulek kasar saja.


Tips menggoreng bakwan jagungTips menggoreng bakwan jagung. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008)

2. Campurkan bumbu

Setelah jagung telah siap, tambahkan bumbu halus seperti bawang merah, garam, gula, dan merica secukupnya. Kemudian tambahkan telur, tepung beras, potongan daun bawang, dan potongan cabai merah. Lalu aduk seluruh adonan secara merata hingga mengental.

3. Goreng

Siapkan minyak yang sudah panas (dengan api sedang). Kemudian masukkan adonan ke dalam wajan sebanyak satu sendok makan. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Jika sudah, angkat lalu tiriskan. Terus lakukan hingga adonan habis.



Selamat mencoba di rumah ya Bun.

Bunda juga bisa menonton tips menggoreng pisang krispi pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi