Sign Up search


moms-life

7 Ide Mendesain Interior Ruang Tamu Rumah Minimalis

Annisa Karnesyia Sabtu, 21 Mar 2020 13:35 WIB
7 Ide Mendesain Interior Ruang Tamu Rumah Minimalis Ilustrasi rumah minimalis/ Foto: Getty Images/asbe
Jakarta - Mendesain ruangan di rumah minimalis memang tak sulit, Bun. Konsep sederhana dan meninggalkan barang-barang yang tidak fungsional menjadi kunci utamanya.

Menurut Jennifer Tulley dari Jennifer Tulley Architects, minimalis adalah pendekatan untuk merancang, di mana elemen-elemen strukturnya disederhanakan. Tidak ada yang ditambahkan untuk efek karena hanya menyederhanakan komponen-komponen penting.


"Desain harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan," kata Tulley, dilansir Elle Decor, Jumat (20/3/2020).


Tulley mengatakan, selain penggunaan cahaya, bentuk dan bahan dalam mendesain ruangan sangat penting. Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang desain interiornya harus kita pikirkan, Bun. Sebaiknya desain dibuat senyaman mungkin, namun tetap minimalis.

Mengutip My Domaine, berikut 7 ide mendesain interior ruang tamu di rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi. Catat ya, Bun!

1. Teratur tapi bernilai seni

Bunda bisa mengambil ide gaya skandinavia untuk desain interior ini. Gunakan lampu gantung besar yang elegan di tengah ruangan.

Letakkan meja marmer yang berukir kayu serta perapian untuk memperlihatkan kesan tradisional. Kedua hal ini bisa menjadi titik fokus di ruang tamu yang kosong.

Cat putih bisa digunakan untuk dinding, memberikan kesan simple dan nyaman. Jangan lupa letakkan sofa hitam dan tambahkan sentuhan pot tanaman di ruang tamu.

2. Bersih dan kohesif

Warna palet sering digunakan sebagai cat dinding ruang tamu, Bun. Bila tetap ingin menggunakannya, kita bisa tambahkan selimut di sofa dan karpet yang terbuat dari wol lembut.

Selimut dan karpet bisa memberikan kesan lembut, bersih dan kohesif. Terutama kalau Bunda menggunakan meja kaca dan kursi fiberglass di ruangan.

3. Gaya industrial berkualitas tinggi

Ruang tamu di rumah minimalis enggak selalu harus memiliki dinding dan lantai serba putih ya. Cobalah desain interior gaya industrial yang memadukan warna putih dan warna lain.

Bila Bunda menggunakan sofa putih, bisa dikombinasikan dengan meja kaca sederhana berwarna hitam. Sekat-sekat pemisah ruangan juga bisa dibuat dari kaca dengan bingkai hitam.

Ilustrasi rumah minimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: Getty Images/asbe

4. Teratur dan cermat

Tentu saja di ruang tamu minimalis, setiap furnitur dan dekorasi harus diperhitungkan. Ruang tamu di rumah minimalis mencakup perpaduan yang cermat antara furnitur-furnitur bersih yang terlihat tegas.

Bunda bisa menambahkan tumpukan majalah yang terikat di sudut ruangan. Selain itu, dapat juga membuat perapian berwarna serba hitam yang mencolok.

5. Desain alam

Beberapa ruang tamu di rumah minimalis paling bagus jika memadukan furnitur dan dekorasi dari berbagai gaya. Dengan desain alam, kita bisa menggunakan kursi-kursi abad pertengahan atau zaman dulu. Selain itu, dapat menambahkan sofa-sofa kontemporer dan meja industri dalam ruang tamu.

Pemandangan alam di luar ruangan bisa terlihat dari jendela besar. Desain interior ini menciptakan banyak peluang untuk orang-orang bersantai sambil menikmati pemandangan.

6. Minimalis dengan sentuhan 'soul'

Desain interior dengan sentuhan 'soul' bisa dibuat serba putih. Namun, jangan lupa menambahkan lukisan dinding, misalnya dengan warna abu-abu.

Selain lukisan, Bunda bisa menambahkan foto berbingkai, lilin beraroma, dan rangkaian bunga kering dalam ruang tamu. Ini bisa menunjukkan 'soul' pemiliknya dalam interior yang minimalis.


7. Bermain dengan warna

Pemilihan warna dapat memainkan peran yang besar dalam desain interior rumah minimalis. Bila Bunda cukup berani, bisa menggunakan warna pastel merah muda untuk cat dinding.

Dekorasi tak perlu banyak, cukup letakkan beberapa furnitur yang terlihat mewah yang menunjukkan keterkaitan dengan seni. Tujuannya untuk menghasilkan kehangatan dan ketenangan.

Bunda, simak juga tips menata ruang tamu rumah minimalis, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi