Sign Up search


moms-life

3 Tips Menggoreng Oncom, Tak Menyerap Minyak & Gurih Hingga ke Dalam

Siti Hafadzoh Rabu, 25 Mar 2020 05:20 WIB
3 Tips Menggoreng Oncom, Tak Menyerap Minyak & Gurih Hingga ke Dalam 3 Tips Menggoreng Oncom, Tak Menyerap Minyak & Gurih Hingga ke Dalam/ Foto: iStock
Jakarta - Oncom goreng memang paling nikmat bersanding dengan secangkir teh hangat. Rasanya yang gurih, pas disantap dengan cabai rawit. Hemm, membayangkannya kok jadi ngiler ya, Bun.

Bagi sebagian orang Indonesia, oncom jadi makanan yang bikin kangen. Meski dibilang oncom adalah ampas tahu, tapi bukan berarti enggak ada gizinya lho.


Oncom termasuk makanan bernutrisi, Bun, karena terbuat dari kedelai. Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk pertumbuhan anak.


"Protein merupakan zat gizi esensial yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh, pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel yang rusak. Komposisi antara protein nabati dengan protein hewani harus satu banding satu," kata ahli gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS SpGK(K) beberapa waktu lalu.

Tapi sayangnya, kadang-kadang oncom goreng jadi kurang nikmat. Kalau enggak kurang asin, di dalamnya banyak menyerap minyak.

Nah, agar hal itu enggak terulang lagi, berikut HaiBunda rangkum tips menggoreng oncom supaya gurihnya meresap dan tidak banyak minyak:

1. Rendam dengan bumbu

Buat bumbu untuk merendam oncom. Bumbunya bisa terdiri dari bawang putih, ketumbar dan garam. Supaya rasa gurihnya meresap hingga ke dalam, rendam oncom selama 15 menit.

Setelah direndam dengan air bumbu, Bunda bisa celupkan oncom ke adonan tepung. Jangan lupa beri bumbu juga di adonan tepungnya ya.

2. Lapisi dengan tepung beras

Adonan yang salah bisa meningkatkan kalori dan penyerapan minyak. Tepung serba guna memang menempel dengan baik di makanan. Tapi, akan menyerap lebih banyak minyak.

Sebaiknya, campurkan adonan lapisan oncom dengan tepung beras. Tepung beras mengurangi penyerapan minyak.


3. Menggunakan soda kue

Cara lain supaya oncom tidak menyerap minyak adalah menambahkan zat berkarbonasi. Salah satunya, soda kue. Soda kue akan melepaskan gelembung gas ketika digoreng dan mengurangi penyerapan minyak.

Selamat mencoba tipsnya ya, Bun!

Simak juga tips membuat jepitan gorengan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi