sign up SIGN UP search


moms-life

Selain untuk Diet, Ini Dia Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Haikal Luthfi Senin, 06 Apr 2020 16:35 WIB
Pisang merupakan buah yang sangat bermanfaat. Selain diperuntukan untuk diet, ternyata si kuning ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. caption
Jakarta -

Suka makan pisang? Buah dengan bentuk lonjong serta rasanya yang manis membuatnya digemari banyak orang. Tak hanya enak, pisang juga memiliki manfaat lho Bun. Salah satunya untuk diet. Pisang merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pada saat melakukan program diet.

The Morning Banana Diet atau diet pisang, pertama kali dicetuskan oleh Watanabe yang begitu populer. Dalam aturannya, diet ini melibatkan konsumsi buah pisang tanpa batas. Pisang dikonsumsi pada saat sarapan dengan ditemani segelas air putih. Kemudian pada saat makan siang dan malam, Bunda diperbolehkan makan apapun dengan syarat tidak berlebihan. Untuk makan malam, dianjurkan makan sebelum jam 8 malam. Hindari juga makanan pencuci mulut seperti olahan dari susu ya Bun.

Selain untuk Diet, Ini Dia Manfaat Pisang bagi KesehatanFoto: iStock

Dari segi nutrisi, pisang memang memiliki sifat yang dapat membantu seseorang mengelola berat badannya, seperti kandungan serat yang tinggi. Pisang sangat sehat dan bergizi untuk dimakan dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet yang seimbang.


Nah, selain untuk diet, manfaat lain dari pisang juga baik untuk kesehatan. Mengutip laman Medical News Today berikut manfaat pisang bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Pisang Baik untuk Tekanan Darah

The American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk menurunkan asupan garam, serta meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung potasium atau kalium. Potasium dapat membantu mengelola tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Nah, buah pisang ini menyediakan hampir 9% dari kebutuhan potasium harian seseorang.

2. Pisang Baik untuk Asma

Sebuah penelitian yang berjudul "Childhood asthma and fruit consumption" di tahun 2007 menunjukkan bahwa makan pisang memungkinkan dapat membantu mencegah sesak napas pada anak-anak penderita asma. Salah satu alasannya adalah kandungan antioksidan dan potasium pisang. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

3. Pisang Baik untuk Mencegah Kanker

Kandungan Lektin yang terdapat pada pisang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel leukemia. Lektin bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan membantu tubuh menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Jika terlalu banyak radikal bebas yang menumpuk, akan menyebabkan kerusakan sel yang dapat berpotensi menyebabkan kanker.

4. Pisang Baik untuk Kesehatan Jantung

Pisang mengandung serat, potasium, folat, dan antioksidan, seperti vitamin C. Semua ini mendukung kesehatan jantung.

5. Pisang Baik untuk Diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan untuk mengonsumsi pisang karena mengandung serat. Mereka mencatat bahwa serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Pisang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya meningkatkan kesehatan pencernaan. Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan serat seseorang untuk sehari. Pisang juga merupakan bagian dari pendekatan yang dikenal sebagai diet BRAT, yang mana pendekatan ini direkomendasikan oleh dokter untuk pengobatan diare.

7. Pisang Baik untuk Menjaga Daya Ingat

Pisang mengandung tryptophan, asam amino yang dapat membantu menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat berbagai hal.


Simak juga Bun, manfaat pisang untuk penderita maag pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi