sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Merawat Dapur Rumah Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi

Yuni Ayu Amida Rabu, 08 Apr 2020 11:58 WIB
Bunda ingin tampilan dapur di rumah minimalis selalu terlihat rapi dan bersih? Ikuti tips berikut untuk membuat dapur selalu tampil rapi dan bersih. caption
Jakarta - Dapur adalah salah satu ruangan yang terpenting dalam rumah minimalis. Tapi, dapur juga adalah ruangan yang biasanya paling cepat berantakan. Lalu, bagaimana cara agar dapur rumah tetap terlihat bersih dan rapi?

Dijelaskan ahli dekorasi Gigi K. Miller, kunci untuk membuat tampilan dapur minimalis agar selalu rapi adalah memastikan perabotan di dapur terorganisir. Caranya dengan memaksimalkan tempat penyimpanan.


"Cara terbaik untuk memaksimalkan ruang kabinet adalah dengan menggunakan pengatur rak yang bisa ditumpuk. Karena saya lebih suka ada sedikit barang di meja dapur," ujar Miller, dilansir Knobs.


Lebih jelasnya, berikut ini tips menata dapur rumah minimalis agar selalu rapi dan bersih, dilansir berbagai sumber.

1. Pastikan semua terorganisir

Tips Merawat Dapur Rumah Minimalis agar Selalu Bersih dan RapiTips Merawat Dapur Rumah Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi/ Foto: iStock


Hal pertama ini mungkin salah satu yang paling mudah dan efektif dilakukan. Menjaga peralatan, dapur, dan peralatan makan tetap teratur akan membantu menghilangkan kekacauan di dapur. Ini akan menciptakan nuansa dan tampilan minimalis yang indah dan tenteram.

Menjaga semuanya tetap teratur juga membantu kita untuk mudah mengakses alat dapur saat diperlukan. Tetapkan tempat yang ditunjuk untuk setiap jenis barang dapur. Jika mungkin simpanlah di kompartemen tertutup. Ini akan memastikan tidak ada kekacauan yang terlihat.

Setiap kali setelah menggunakan peralatan dapur, ingatlah untuk menyimpannya di tempat-tempat yang sudah disiapkan.

2. Tempat penyimpanan bumbu dapur

Tempatkan pada kontainer yang lebih sederhana, contohnya stoples kaca. Siapkan stoples kaca atau wadah minimalis untuk alat masak, maupun bumbu dapur seperti gula, garam, tepung tidaklah sulit.

Memasukkan mereka ke dalam wadah yang lebih sederhana akan membantu meminimalkan tampilan ruang dapur agar tidak berantakan. Selain itu, stoples putih sederhana atau bahkan transparan juga menjadikan tampilan dapur terlihat sangat rapi.

3. Tempat sampah ukuran besar

Pastikan di dapur terdapat tempat sampah ukuran besar. Sebaiknya tempat sampah sudah dilengkapi dengan penutup yang rapat. Tujuannya agar bau sampah tidak menyebar kemana-mana.

4. Singkirkan barang tidak terpakai

Pastikan tidak banyak dekorasi tidak penting, ataupun barang tidak terpakai yang ada di atas permukaan meja dapur maupun di ruang dapur.

Dapur akan terasa bersih, rapi, dan luas jika pernak-pernik tak penting di dalamnya diminimalkan. Jadi, perhatikan setiap sudut dapur, dan segera buang yang tidak diperlukan.

5. Selalu bersihkan

Kunci agar dapur selalu terlihat bersih dan rapi adalah selalu membersihkannya, Bunda. Terutama meja dapur, tempat masak, wastafel tempat cuci piring, serta lantai dapur.

Pastikan pula semua peralatan maupun benda-benda di dapur selalu dibersihkan setelah digunakan. Usahakan jangan ada noda yang menempel.


Simak juga tips rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi