sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Salah Lagi Ya Bunda, Ini Bedanya Junk Food dan Fast Food

Annisa Afani Rabu, 20 May 2020 12:01 WIB
collection of junk food caption
Jakarta -

Kita mulai peduli nih Bun dengan memilih mana makanan sehat dan mana yang perlu dihindari. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah junk food dan fast food.

Bunda pasti sudah sering mendengarnya dan tahu bahwa makanan tersebut tak baik jika terlalu sering dikonsumsi karena minim nutrisi. Tapi apakah Bunda sudah paham apa itu junk food dan fast food?


Banyak orang memahami, kedua makanan cepat saji tersebut serupa, tapi tidak identik. Meski demikian, kedua makanan ini biasanya lezat dan menggugah selera. Untuk mengetahui perbedaannya, dikutip dari Hungry Forever, berikut penjelasannya:

Fast Food

Fast food pada dasarnya adalah makanan yang dapat dihidangkan dengan cepat, nyaman, mudah diakses dan membutuhkan persiapan yang sangat sedikit. Selain itu, harganya pun relatif mudah dijangkau untuk hampir setiap orang. Biasanya, makanan ini bagian dari rantai restoran cepat saji.

Kita pasti cenderung berpikir bahwa ini adalah makanan yang tidak sehat ya Bun, dan hal tersebut memang benar. Ketika perusahaan makanan fast food pertama kali diperkenalkan ke pasar, mereka menargetkan remaja dan anak muda tingkat ekonomi menengah ke bawah untuk dapat membeli makanan murah dengan lemak jahat, kolesterol, natrium, gula olahan dan jutaan kalori.

Selama bertahun-tahun, kini rantai makanan fast food telah merambah pada opsi yang lebih sehat. Sebagai contohnya dengan menghadirkan salad, jus buah, salad buah, dan makanan sehat lainnya dalam menu mereka. Bahkan beberapa produsen pun ada yang menawarkan opsi makanan panggang untuk menghindari lemak dari minyak goreng.

Fast food diklasifikasikan dengan makanan sejenis pizza, hamburger, kentang goreng, ayam goreng, donat, dan sejenisnya.

DonatDonat/ Foto: iStock



Junk food

Sama seperti fast food, junk food juga cepat, mudah diakses dan murah. Tapi apa yang membedakannya, junk food makanan dengan sedikit atau bahkan tidak mengandung nutrisi di dalamnya.



Produsen junk food menargetkan makanannya untuk orang secara umum. Junk food lebih dominan pada camilan daripada makan berat. Makanan ini tinggi lemak trans dan lemak jenuh, gula serta natrium. Selain itu mengandung banyak kalori dan pengawet supaya awet.

Kategori makanan junk food, seperti popcorn, keripik kentang, dorito, pretzel, kue kering, permen, dan minuman bersoda.

Simak juga tips Donna Agnesia yang jaga badan meski #dirumahaja berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi