sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Terbaik Menyimpan Telur, Jangan di Pintu Kulkas

Arina Kamis, 21 May 2020 05:20 WIB
Cute female taking eggs from the fridge, attractive housewife take care about health, fresh tasty organic food, healthy eating concept caption
Jakarta -

Hampir semua kulkas telah dilengkapi dengan rak penyimpanan telur. Umumnya, rak telur tersebut berada di pintu kulkas. Otomatis Bunda memanfaatkan rak untuk menyimpan telur. Benar, Bun?

Jika iya, coba pertimbangkan kembali cara Bunda menyimpan telur. Para ahli menyarankan untuk tidak menyimpan telur di pintu kulkas. Apa alasannya?

Jangan di Pintu Kulkas


Ketika Bunda berpikir menyimpan telur di pintu kulkas akan membuatnya segar dan tahan lama maka ahli makanan punya perbedaan pendapat.

Menurut para ahli, telur yang disimpan di pintu kulkas bisa cepat busuk. Ketika Bunda membuka dan menutup pintu kulkas akan ada perubahan suhu yang bisa merusak kuning telur.

"Bagian pintu kulkas tidak hanya paling hangat dari lemari es tapi juga paling rentan terhadap fluktuasi suhu," ujar Sara Benwell, Consumer Editor untuk Good Housekeeping.

Cara Terbaik Menyimpan Telur:

Cute female taking eggs from the fridge, attractive housewife take care about health, fresh tasty organic food, healthy eating concept3 Cara terbaik menyimpan telur/ Foto: iStock

1. Simpan di rak kulkas

Lalu bagaimana cara terbaik menyimpan telur? Sara menyarankan untuk menyimpan telur di rak dalam kulkas. Tujuannya sama, agar terhindar dari perubahan suhu yang mendadak sehingga mempercepat proses pembusukan.

2. Simpan di suhu konstan

British Egg Information Service menyarankan untuk menyimpan telur dalam suhu konstan di bawah 20 derajat celsius. Mengapa kalau di supermarket tak disimpan dalam kulkas?

Itu karena suhu toko selalu dijaga di bawah 20 derajat celsius sehingga pendinginan tidaklah perlu. Ini juga mencegah fluktuasi suhu yang signifikan, seperti ketika telur dipindahkan dari lemari es ke mobil panas setelah belanja.

3. Simpan Dalam Wadah Tertutup

Jangan lupa menyimpan telur dalam wadah tertutup. British Egg Information Service merekomendasikan cara menyimpan telur dalam wadah tertutup sehingga tidak menyerap bau dari makanan lain di sekitarnya.

Telur bisa menyerap bau karena kulitnya tipis dan keropos. Untuk itu, Bunda perlu menyimpan telur dalam wadah tertutup agar tidak tercemar.

Apa yang Bisa Disimpan di Pintu Kulkas?

Bunda bisa menyimpan segala jenis makanan dengan pengawet alami seperti mayonaise, saos, air kemasan, soda, hingga jus kaleng. Semua makanan tersebut tak masalah ketika mengalami fluktuasi suhu tiba-tiba.

Jadi, apa Bunda sudah mengubah kebiasaan menyimpan telur di kulkas?

Bunda, simak juga yuk cara membedakan telur segar dan yang sudah busuk dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi