sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, 4 Cara Menyimpan Petai Bisa Awet hingga Setahun

Arina Minggu, 31 May 2020 05:30 WIB
Stink Beans , Parkia speciosa seeds or bitter bean. caption
Jakarta -

Tak hanya ketupat dan opor yang merupakan menu favorit saat Lebaran. Masakan dengan petai seperti sambal goreng ati juga menjadi favorit keluarga, Bunda. Tak heran bila harga petai naik tinggi menjelang Lebaran.

Jika setelah Lebaran masih punya sisa petai maka tak perlu buru-buru dimasak, ya. Cara menyimpan petai yang tepat bisa awet sampaiĀ berbulan-bulan lho.

YouTuber dengan nama akun Lilis Rahma yang memiliki subscriber lebih dari 49 ribu memberikan tips amanĀ menyimpan petai agar awet hingga satu tahun. Berikut langkah-langkah menyimpan petai agar tahan lama:


1. Kupas Petai

Petai perlu dikupas satu per satu. Pastikan petai terbelah menjadi dua. Jika merasa kesulitan, tekan-tekan sedikit agar lebih memudahkan saat mengeluarkan petai.

2. Lakukan Blansir

Setelah petai dikupas kemudian masukkan ke dalam wadah anti panas. Lalu lakukan blansir. Apa itu blansir?

Blansir adalah teknik pemanasan dengan suhu antara 70 derajat celsius sampai 100 derajat celsius (tergantung jenis sayuran) sebelum pembekuan, pengeringan, dan pengemasan pada beberapa makanan seperti sayuran, daging atau buah tertentu.

Untuk melakukan blansir pada petai, Bunda bisa menuangkan air panas ke dalam wadah berisi petai. Rendam petai sampai sedikit layu tapi tidak terlalu lembek. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Masukkan ke dalam air es agar proses memasak berhenti. Setelah itu ditiriskan hingga kering.

Sayur gurih rebung dan petaiCara menyimpan petai awet setahun/ Foto: iStock

3. Simpan Dalam Plastik

Masukkan petai yang sudah kering di dalam plastik. Lilis menyarankan agar menggunakan plastik kecil-kecil agar bisa digunakan sesuai kebutuhan. Pastikan plastik kedap udara ya, Bun.

4. Masukkan ke Dalam Freezer

Masukkan plastik berisi petai ke dalam freezer. "Cara ini bisa membuat petai awet sampai satu tahun lho ya bahkan bisa lebih," kata Lilis dalam video berjudul 'Cara Aman Mengawetkan Petai Sampai 1 Tahun'.

Tertarik mencobanya di rumah?

Bunda, simak juga yuk resep iga petai cabai hijau dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi