sign up SIGN UP search


moms-life

Amankah Bercinta Pakai Menstrual Cup Saat Haid?

Muhayati Faridatun Rabu, 24 Jun 2020 20:07 WIB
Happy affectionate couple enjoying in their love while embracing in bedroom in the morning. caption
Jakarta -

Penggunaan menstrual cup saat haid mungkin belum begitu familiar bagi para bunda. Banyak juga yang bertanya-tanya, apakah aman bercinta saat menggunakan menstrual cup?

Dikutip dari Lunette, menstrual cup modern yang dipakai hingga saat ini diciptakan pertama kali oleh aktris Amerika, Leona Chalmers, pada 1937 silam. Ia mendesain menstrual cup yang terbuat dari bahan karet lateks.

Meski sudah ada sejak lama, penggunaan menstrual cup di Indonesia belum populer seperti pembalut. Memang, menstrual cup dianggap lebih ramah lingkungan dan menghemat biaya dibanding pembalut yang hanya sekali pakai.


Selain manfaat dan risiko penggunaan menstrual cup, tak sedikit wanita yang bertanya-tanya, apakah aman berhubungan seks saat menggunakan menstrual cup? Dijelaskan produsen LENA Menstrual Cup, Vili Petrova, harus memperhatikan beberapa hal jika ingin tetap menggunakan menstrual cup saat bercinta.

"Penting untuk diingat bahwa menstrual cup yang bisa digunakan lagi bukanlah alat kontrasepsi, tidak boleh dipakai selama hubungan seksual," ujar Vili Petrova, mengutip She Knows.

Menstrual Cup: Lebih Baik daripada Pembalut?Menstrual Cup/ Foto: DW (SoftNews)

Ia juga menjelaskan, menstrual cup sekali pakai bisa dipakai saat berhubungan seks karena diposisikan tepat di bawah leher rahim, terbuat dari bahan lembut, dan memang ditujukan untuk sekali pakai.

Sementara, Vili Petrova menambahkan, menstrual cup yang bisa digunakan kembali terbuat dari silikon yang lebih kuat dan tahan lama, dirancang posisinya lebih rendah di saluran vagina dan jauh dari serviks.

"Ini membuatnya (menstrual cup bisa dipakai berulang) tidak aman digunakan selama berhubungan seksual," tegasnya.

Perlu Bunda ketahui juga, penggunaan menstrual cup tidak hanya memberikan manfaat, tapi bisa menimbulkan risiko juga. Dikutip dari Healthline, menggunakan menstrual cup bisa menyebabkan reaksi alergi. Ini akibat dari bahan menstrual cup seperti karet, silikon, atau lateks, yang tidak cocok bagi sebagian orang.

Menstrual cup juga bisa menimbulkan iritasi vagina. Ini terjadi kalau kebersihan menstrual cup tidak terjaga. Selain itu, menstrual cup juga meningkatkan risiko adanya infeksi. Untuk mencegahnya, cuci bersih cangkir menstruasi, bilas dan keringkan sebelum dipakai kembali. Jangan lupa juga, cuci tangan lagi setelah mencucinya.

Bunda, simak juga penjelasan dokter tentang kurang tidur bisa menyebabkan haid tidak lancar, di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi