sign up SIGN UP search


moms-life

Benarkah Ginseng Bisa Tingkatkan Gairah Seks Bunda & Atasi Disfungsi Ereksi?

Muhayati Faridatun Selasa, 23 Jun 2020 20:32 WIB
Portrait of a happy young couple cuddling at home. caption
Jakarta -

Penyebab berkurangnya kualitas dan kuantitas hubungan seks suami istri bisa karena banyak hal. Salah satunya karena gairah seks yang menurun. Lalu, bisakah meningkatkan gairah seks dengan mengonsumsi ginseng?

Disarankan terapis hubungan Laura Berman, Ph.D., pertimbangkan melakukan foreplay atau pemanasan agar kenikmatan bercinta bisa Bunda dan suami rasakan. Ia mengatakan, seks terbaik dicapai saat pasangan benar-benar terbuka tentang kebutuhan dan keinginan masing-masing.

"Seks adalah soal memberi dan menerima," tegas Laura Berman, mengutip Shape.


Ia juga mengingatkan, variasi seks bisa menguatkan hubungan suami istri dan pasti disukai laki-laki. Tapi, tak sedikit pasangan melakukan hubungan seks yang monoton. Ini bisa disebabkan banyak hal antara lain kurangnya gairah seksual.

Mungkin Bunda pernah mendengar, salah satu cara meningkatkan gairah seksual bisa dengan mengonsumsi ginseng. Dikutip dari Sharecare, selama 20 tahun terakhir, banyak studi klinis dilakukan untuk meneliti apakah ginseng bisa membangkitkan atau meningkatkan respons seksual.

Diketahui, selama berabad-abad, akar tanaman ginseng diyakini bisa meningkatkan vitalitas dan dorongan seks pada pria dan wanita. Sementara, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan, ginseng Asia bisa membantu mengobati disfungsi ereksi (DE) pria.

Disebutkan, ada sedikit bukti kuat sampai saat ini yang menunjukkan ginseng memiliki efek sama pada manusia. Tapi karena seksualitas manusia lebih kompleks daripada dorongan fisiolgis hewan, hasil dari studi hewan tak selalu diterjemahkan ke manusia. Lantas, apa manfaat ginseng bagi kehidupan seks suami istri?

Happy young couple having romantic times in bedroomIlustrasi hubungan seks suami istri/ Foto: iStock

Manfaat untuk wanita

Studi yang melibatkan wanita ternyata jarang terjadi, Bunda. Sebagian karena sulitnya membangun sarana standar untuk mengukur respons seksual wanita. Satu studi melaporkan, suplemen makanan yang mengandung ekstrak ginseng Korea, serta ginkgo dan bahan-bahan lain, bisa meningkatkan gairah seks peserta wanita.

Tapi, tidak jelas bagaimana suplemen bekerja untuk meningkatkan fungsi, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan peran ginseng terkait ini. Dibutuhkan juga studi klinis menggunakan dosis konsisten ginseng murni untuk menilaiĀ efek ginseng pada respons seksual wanita.

Manfaat untuk pria

Sebuah tinjauan dari tujuh penelitian yang menyelidiki efek ginseng merah Korea pada disfungsi ereksi menyimpulkan, ginseng mungkin memiliki efek menguntungkan pada disfungsi ereksi. Tapi, studi-studi itu pada akhirnya terlalu kecil dan secara metodologi tidak cukup kuat untuk mendukung konsumsi ginseng untuk mengatasi disfungsi ereksi.

Efek samping

Variasi dalam potensi suplemen ginseng bisa menimbulkan efek samping, Bunda. Ekstrak dalam ginseng yang dianggap relevan dengan fungsi seksual disebut ginsenosides. Tapi, karena analisis laboratorium independen mengungkapkan variasi kandungan ginsenoside di antara suplemen, kita tidak bisa memastikan manfaat apa yang didapat dari suplemen ginseng.

Suplemen bisa mengandung sangat sedikit bahan aktif atau terkontaminasi dengan zat lain. Perlu Bunda ketahui juga, produsen produk herbal tidak diharuskan mengajukan klaim kesehatan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan sebelum memasarkan produk mereka.

Sehingga, klaim manfaat ginseng yang dibuat para produsen tidak bisa dievaluasi atau dinilai sebelum dipasarkan. Konsumen bisa saja tergoda dengan klaim produk yang luput dari pengawasan.

Perlu diingat, ginseng tidak dianjurkan bagi pengidap diabetes yang sedang menjalani perawatan dengan insulin atau obat serupa. Dijelaskan, ginseng Amerika bisa menimbulkan reaksi hipoglikemik pada pengidapĀ diabetes tersebut.

Ginseng juga dikaitkan dengan efek bagi pengidap hipertensi dan detak jantung cepat, sehingga tidak dianjurkan jika memiliki tekanan darah sistolik tinggi yang tak terkendali, yakni di atas 180 mm Hg. Karena ginseng juga bisa menghambat obat pengencer darah yang biasa digunakan saat operasi, sebaiknya hentikan mengonsumsi ginseng setidaknya 7 hari sebelum operasi.

Bunda, simak juga manfaat rajin bercinta di trimester ketiga kehamilan, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi