sign up SIGN UP search


moms-life

Anak Ingin Taaruf Seperti Para Artis, Bunda Harus Bagaimana?

Siti Hafadzoh Jumat, 31 Jul 2020 07:00 WIB
Shot of two women chatting over coffee in a cafe caption
Jakarta -

Akhir-akhir ini, banyak artis dan public figure yang menikah tanpa pacaran terlebih dahulu. Mereka lebih memilih proses taaruf sebelum menikah, Bunda.

Perlu diketahui, taaruf berarti perkenalan antara kedua calon pasangan. Nah, mereka tidak banyak menghabiskan waktu bersama layaknya orang pacaran. Lalu, bagaimana ya caranya kenal pasangan meski tidak berpacaran?

Menurut Ustazah Siti Fathiyah Khotib, Lc, MA., proses taaruf berarti mengenal calon pasangan dengan melihat informasi tentang latar belakang, pekerjaan, hingga minat atau hobinya. Nah, karakter atau kebiasaan calon pasangan bisa diketahui dari keluarganya, Bunda.


"Ya bisa datang ke rumah orang tuanya, atau dia bisa melihat kebiasaannya," ujar Ustazah Fathiyah kepada HaiBunda pada Rabu (30/7/2020).

Ia mengatakan, biasanya setelah bertukar biodata atau mengetahui satu sama lain, mereka akan salat istikharah. Ini bertujuan untuk meminta petunjuk dari Allah.

"Maka, biasanya mereka setelah mengenal, katakanlah mengenal nama, mengenal biodata, atau dari informasi yang dia dapat. Itu biasanya mereka langsung salat istikharah. Nanti Allah akan kasih jawaban yang paling bagus seperti apa. Kalau memang jodoh, itu dipertemukan," jelasnya.

Nah, orang tua juga ikut berperan dalam proses taaruf, Bunda. Orang tua dapat melihat calon pasangan dan menilai apakah pria atau wanita ini cocok untuk anak mereka.

"Biasanya, kalau memang sudah dipermudah sama Allah ada jalan yang diberikan kemudahan. Misalnya, tiba-tiba cocok orang tuanya," kata Ustazah Fathiyah.

Jadi, orang tua juga punya peran yang sangat penting ya, Bunda dalam proses menentukan calon pasangan yang tepat untuk anaknya.

Simak juga cerita Dewi Gita dan Armand Maulana menjalani rumah tangga 26 tahun tanpa adanya gosip berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi