sign up SIGN UP search


moms-life

Keutamaan dan Amalan di Hari Tasyrik, Perbanyak Doa dan Zikir Ya Bunda

Annisa Afani Jumat, 31 Jul 2020 18:21 WIB
Young Asian Muslim teaching her sister to reading a book caption
Jakarta -

Selamat Hari Raya Idul Adha, Bunda. Semoga kebaikan senantiasa menyertai kita ya. Nah, setelah Idul Adha, ada yang namanya hari tasyrik.

Istilah tasyrik sendiri diambil dari kata شرقت الشمش yang memiliki arti terbitnya matahari. Hari tasyrik ini ditetapkan pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa hari tasyrik ini berlangsung selama empat hari, meliputi hari Idul Adha dan tiga hari setelahnya, Bunda.

Dan kalau sejak 1 Dzulhijjah Bunda telah memperbanyak ibadah menjelang Idul Adha, bisa dilanjutkan pada hari tasyrik karena keutamaan bulan Dzuhijjah tidak hanya selama 10 hari pertamanya saja lho, Bunda. Hari tasyrik pun memiliki keutamaan yang sayang jika dilewatkan untuk beribadah.


Bahkan, Allah SWT pun mengistimewakan hari tasyrik sebagai waktu untuk mengingat atau berzikir kepada-Nya. Sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah ayat 203:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

Artinya: "Ingatlah Allah di hari-hari yang terbilang."

Maksud dari "hari-hari yang terbilang" tersebut adalah tiga hari setelah Idul Adha, yaitu hari tasyrik.

Seperti kita ketahui, Idul Adha merupakan momen berhaji di Tanah Suci. Bagi para jemaah haji, lafaz Labbaikallah Humma Labbaik yang diucapkan akan berubah setelah pelemparan batu jumrah, Bunda.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc, dalam Youtube Robbani TV, "Lafaz tersebut berubah menjadi takbir selayaknya takbir hari raya."

Selain itu, takbir yang dilafazkan oleh jamaah haji ini juga menjadi salah satu contoh ajaran agar kita menyibukkan diri untuk berzikir. "Seperti jamaah haji yang menyibukkan diri dengan berzikir takbir, bagi yang tidak berhaji juga bisa melakukannya selama hari tasyrik," ujarnya.

Selain perintahkan untuk berzikir, saat hari tasyrik kita juga dilarang untuk berpuasa. Sebagaimana yang dikatakan dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, dari Nubaisyah al-Hudzali radhiyallahu 'anhu, Nabi SAW bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرٍ لِلَّهِ

Artinya: "Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan banyak mengingat Allah."

Ternyata, di balik larangan puasa di hari tasyrik ini ada alasan lho, Bunda. Allah SWT mensyariatkan kaum Muslimin untuk menjadikan hari tersebut sebagai hari makan-makan dan minum.

Ilustrasi LebaranIlustrasi makan-makan saat lebaran/ Foto: Shutterstock

Ini berguna agar orang-orang dapat saling membantu, semakin giat dalam berzikir, serta melakukan ketaatan kepada Allah SWT. Itu semua merupakan bentuk syukur nikmat yang paling sempurna. Nikmat yang kita terima tersebut menjadi sarana untuk membantu agar semakin giat melakukan ibadah lainnya.

Selain berzikir dan larangan berpuasa, sebagian ulama menganjurkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah SWT lho, Bunda. Salah satu bentuk doa yang disarankan:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa ini kita dikenal sebagai doa sapu jagad. Isi dari doa ini sendiri adalah mengumpulkan semua bentuk kebaikan dan menolak semua bentuk keburukan. Oleh sebab itu, doa ini cocok menjadi pilihan dan sangat sering dilantunkan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim,

كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ»

Artinya: Doa yang paling banyak dilantunkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Allahumma Rabbana Aatinaa Fid-un-yaa Hasanah Wa filakhirati Hasanah, Waqina 'azabannar.

Di samping itu, doa juga menjadi bentuk mengingat Allah SWT yang sangat agung, Bunda. Sebab, di dalamya berisi pujian dan harapan manusia kepada Tuhan. Sehingga, hari tasyrik ini menjadi sangat istimewa bagi kita untuk memperbanyak doa.

Bunda, simak juga manfaat daging bagi kesehatan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi