sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Sponge Cake Viral yang Mirip Spons Cuci Piring

Mutiara Ananda Kamis, 10 Sep 2020 07:02 WIB
Spons cuci piring caption
Jakarta -

Setelah berbulan-bulan di rumah saja, mungkin Bunda mulai bosan dengan camilan di rumah? Mungkin sponge cake viral yang mirip spons cuci piring berikut ini bisa jadi pilihan buat dibuat di rumah.

Seperti membuat sponge cake pada umumnya, kue viral ini dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan dasar kue seperti tepung terigu, gula mentega, telur dan vanili. Makin cantik dengan tambahan pewarna kuning, hijau, dan coklat.

Jika Bunda tertarik membuatnya, kanal YouTube Annisa Mauluddin membagikan resep mudahnya nih, Bunda. Yuk intip resep dan cara membuatnya.


Bahan sponge viral:

100 gram mentega
100 gram gula pasir
1 sdt baking powder
2 butir telur
120 gram tepung terigu
1/4 sdt vanili
25-30 ml perasan lemon
pewarna makanan (hijau, kuning, coklat)

Bahan busa:

1 putih telur
1 sdm gula pasir
Secukupnya vanili
1 sdt perasan lemon

Pelengkap:

Selai atau madu

Cara membuat sponge viral:

1. Siapkan wadah, masukkan gula pasir, mentega, dan baking powder. Aduk sampai merata
2. Tambahkan 1 butir telur, kemudian aduk. Setelah tercampur, masukkan 1 telur lagi lalu aduk kembali hingga merata.
3. Masukkan tepung terigu dan vanili bubuk sambil diayak terlebih dahulu. Tambahkan air perasan lemon lalu aduk hingga rata dan lembut.
4. Bagi adonan menjadi dua bagian. Sisakan sekitar 140 gram untuk adonan warna hijau.
5. Beri sedikit pewarna kuning pada adonan yang lebih banyak, lalu aduk hingga rata. Setelahnya, tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dialasi kertas roti, ratakan.
6. Panggang adonan pada api kecil selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan tes kematangan dengan menggunakan tusuk sate. Keluarkan kue dari cetakan dan sisihkan.
7. Tuang sedikit pewarna hijau dan coklat pada adonan yang tersisa. Lalu tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi kertas roti. Panggang pada api kecil selama 25 hingga 30 menit. Jika sudah matang, matikan api dan angkat.
8. Siapkan bolu kuning, olesi dengan selai atau madu. Setelah rata, tumpuk dengan bolu hijau. Rapikan sisi kue dengan pisau atau parutan keju. Sisihkan.
9. Siapkan wadah, lalu tuang 1 putih telur, 1 sdm gula pasir, 1 sdt air perasan lemon, dan sedikit vanili. Aduk hingga berbusa. Tuangkan busa sedikit demi sedikit di atas bolu.
10. Sponge cake viral buatan Bunda siap dinikmati bersama si kecil.

Simak juga video resep cake kurma:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi