sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Agar Dapur Rumah Minimalis Bunda Selalu Rapi dan Bersih

Salam Rahmad   |   Haibunda Minggu, 11 Oct 2020 03:00 WIB
interior of modern luxury grey and white wooden kitchen caption

Salah satu area dalam rumah minimalis yang sering terlihat kotor adalah dapur. Meski menjadi tempat berkreativitas dalam mengolah masakan, Bunda harus tetap memperhatikan kebersihan dapur. Kalau dapur bersih, Bunda mungkin akan lebih nyaman dalam memasak.

“Dapur yang terorganisir membantu Anda merasa lebih nyaman menyiapkan makanan untuk Anda dan keluarga,” kata organizer profesional bersertifikat, Ellen Delap, dilansir Healthline.

Nah, ada beragam cara yang dapat dilakukan agar dapur rumah minimalis Bunda selalu terlihat rapi dan bersih. Dilansir Apartment Therapy, berikut 5 cara agar dapur rumah minimalis Bunda selalu rapi dan bersih.


1. Rutin bersihkan dapur

Untuk menjaga dapur rumah minimalis tetap rapi dan bersih tentunya harus rutin dibersihkan ya, Bunda. Membersihkan dapur dapat dilakukan setelah selesai melakukan aktivitas memasak.

Kalau peralatan masak dirasa sudah bersih dan nyaman dipandang, Bunda tetap bisa lanjut membersihkan dapur dengan cara mengelap seluruh permukaan perabotan dapur secara merata agar tak ada debu yang menempel.

2. Letakkan barang sesuai tempatnya

Seperti yang Bunda ketahui, barang yang berada di atas meja dapur sebaiknya yang sering digunakan. Jadi, jangan biarkan barang yang jarang dipakai justru tergeletak di atas meja dapur ya, Bunda.

Hal ini supaya meja dapur tak terlihat berantakan. Pastikan untuk selalu memberikan contoh baik untuk meletakkan barang sesuai dengan tempatnya, agar suasana dapur jadi tampak rapi.

3. Bersihkan lemari es seminggu sekali

Untuk menciptakan tampilan dapur rumah minimalis yang rapi tentu tak hanya dilihat dari luarnya saja ya, Bunda. Kulkas juga perlu mendapat perhatian khusus untuk dibersihkan lho. Misalnya seminggu sekali.

Dengan memeriksa dan membersihkan isi kulkas, tentunya Bunda dapat memilah mana bahan makanan yang harus segera dibuang dan dipertahankan. Sehingga ruangan isi kulkas jadi terasa lebih luas, serta Bunda mengetahui apa saja bahan makanan yang harus segera dibeli.

4. Jangan menyimpan barang sekali pakai

Menyimpan barang sekali pakai yang tak memiliki nilai guna tentu akan membuat dapur terasa penuh. Oleh karena itu, memilah barang sekali pakai dengan perabotan dapur yang memiliki nilai guna perlu dilakukan agar tampilannya semakin cantik.

5. Memilah barang

Agar tampilan dapur rumah minimalis tampak rapi dan bersih, Bunda bisa memilah barang yang ada di dapur berdasarkan tingkat kegunaannya. Artinya, barang yang mudah terlihat di dapur adalah barang yang sering Bunda dan keluarga gunakan saja.

Jika terdapat barang selama 6 bulan yang tak digunakan, Bunda bisa memasukkannya ke dalam kardus untuk disimpan ataupun menyumbangkannya kepada orang yang lebih membutuhkan, dari pada hanya membuat rumah minimalis menjadi penuh dan semrawut.

Simak juga video rumah minimalis 4 lantai:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!