sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menata Rumah Minimalis Sempit Terasa Lebih Luas

Mutiara Ananda Senin, 19 Oct 2020 03:00 WIB
Minimalist style designed living room interior scene on sunny weather. ( 3d render ) Rumah minimalis/Foto: Getty Images
Jakarta -

Bosan dengan ruanganĀ rumah minimalis yang terasa sempit? Bunda bisa nih mendekor ulang ruang dalam rumah minimalis agar terasa jadi lebih luas. Bunda hanya perlu menjaga kesederhanaan dan kerapian.

"Minimalis bagi saya adalah menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik," kata desainer di B Interior LLC, Sharon Blaustein, dikutip dari Decor.

Dilansir laman House Beautiful, ada 7 tips yang bisa Bunda lakukan agar rumah minimalis jadi terasa lebih luas.


1. Pikirkan tata letak

Sebelum mulai menata ulang rumah, ada baiknya Bunda membuat daftar hal-hal yang akan diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya yang paling terasa sempit adalah dapur, maka sebaiknya buatlah rancangan desain dapur terlebih dahulu.

Bayangkan kira-kira furnitur apa saja yang cocok ada di dapur, namun ukurannya tidak membuat ruangan itu lebih sempit dari sebelumnya. Sebaiknya gunakan furnitur multifungsi agar tak terlalu banyak barang di dapur.

2. Multifungsi

Ruang serbaguna adalah hal yang dibutuhkan pada rumah minimalis. Tak ada salahnya memiliki sebuah ruangan luas dengan dua fungsi sekaligus ya, Bunda.

Menggabungkan dapur dan ruang tamu misalnya, secara instan dapat memperluas ruang dan menambah cahaya. Jika selama ini ada dinding menjadi penghalang, Bunda bisa minta saran profesional untuk menggantinya.

3. Menciptakan ruang baru

Memperluas rumah baik ke luar atau ke atas dapat memberikan alternatif hemat biaya daripada pindah rumah ya, Bunda. Jika masih kurang, bagian loteng juga bisa digunakan sebagai kamar tidur atau kamar mandi nih, Bunda.

Ruangan baru ini juga dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan barang. Sehingga rumah Bunda terasa lebih lega.

4. Tertata

Solusi penyimpanan barang paling baik direncanakan pada tahap awal sebelum mulai mendekorasi ulang ya, Bunda. Saat menata ruangan, Bunda bisa tuangkan ide kreatif untuk mempertimbangkan hal terbaik.

Pemilihan lemari pakaian misalnya, ditentukan dengan sangat matang agar tak salah beli dan lebih menghemat biaya. Ukurannya tak harus besar, tapi bisa punya banyak ruang untuk meletakkan jenis-jenis pakaian yang sering Bunda gunakan sehari-hari dengan rapi.

5. Trik dekorasi

Apapun tampilan dan tema favorit Bunda, semua dapat disesuaikan dengan ruangan yang Bunda miliki. Desain terbaru dengan wallpaper tentu akan cocok dan membuat ruangan terlihat menarik.

Bunda juga bisa gunakan cat dengan warna segar dan menarik, serta kain yang menggoda untuk di dinding. Yang terpenting, Bunda perlu batasi jumlah pola dan warna supaya tak terlihat terlalu ramai.

6. Furnitur yang tepat

Mencari furnitur adalah hal termudah dalam mendekorasi rumah. Hanya dengan menjelajahi internet atau berjalan di sepanjang jalan raya, Bunda bisa temukan furnitur menarik dan unik.

Gunakan furnitur yang fungsional, tapi dengan desain yang disesuaikan dengan ruangan sempit, termasuk dapur kecil atau kamar mandi kecil ya, Bunda. Jangan mengisi setiap ruang dengan furnitur besar.

7. Manfaatkan sudut ruangan

Jika ada sedikit sudut kosong di sebuah ruangan rumah minimalis, bisa Bunda gunakan untuk meletakkan barang yang sering digunakan. Jadi tak harus masuk dalamĀ boks penyimpanan yang cukup membuat ribet ketika akan diambil.

Misalnya Bunda hobi membuat kue. Lalu ada sudut di dapur yang kosong. Gunakanlah untuk menyimpan oven maupun peralatan lain yang sering digunakan.

Simak juga video rumah minimalis 4 lantai:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi