sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Pemakaian Masker yang Bikin Bunda Berisiko Terinfeksi Corona

Annisa Afani Kamis, 01 Oct 2020 12:44 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city caption
Jakarta -

Penggunaan masker menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona atau COVID-19. Akan tetapi, ada sebagian masyarakat yang tidak menggunakan masker tersebut dengan benar, Bunda.

Jika penggunaan masker salah, maka potensi penularan virus Corona pun akan semakin besar, Bunda. Pemakainya pun akan lebih berisiko terinfeksi virus Corona.

Mengutip dari Times of India, berikut beberapa cara kesalahan dalam penggunaan masker yang tanpa disadari Bunda lakukan:


1. Masker tidak menutup hidung dan mulut dengan benar

Kesalahan yang kerap dilakukan adalah masker tidak dipasang dengan benar dan cenderung tergelincir, sehingga menempatkan Bunda pada resiko terinfeksi. Masker wajah harus selalu menutup batang hidung dan mulut dengan baik.

2. Memasang masker terbalik

Bunda perlu memahami bagaimana bentuk, serta fungsi masker yang akan dipakai. Misalnya untuk masker medis sekali pakai, sisi yang ada kawatnya harus ditempatkan di bagian atas.

Bunda bisa menekan kawat tersebut dengan kuat untuk menyesuaikan bentuk hidung dan tertutup rapat. Jika sudah sesuai, tarik lipatan masker ke bawah hingga menutupi mulut dan dagu dengan sempurna.

3. Salah menempatkan masker

Masker medis atau bedah apapun memiliki sisi dalam dan luar, sehingga Bunda jangan sampai salah untuk menempatkannya. Jika Bunda menggunakan masker kain atau buatan sendiri, jangan terus membalik sisi-sisinya karena sisi luar masker mungkin terkontaminasi dan saat Bunda memakainya dari dalam ke luar, Buna akan bersentuhan dengan semua patogen yang terakumulasi di sisi luar masker.

4. Selalu menyentuh masker

Kadang Bunda tanpa sadar sering menyentuh masker bagian luar karena ingin memperbaiki posisinya. Namun jangan lagi lakukan hal ini karena bagian luar dari masker tersebut sudah terkontaminasi.

Jika ingin membuka atau memperbaiki posisinya, Bunda hanya perlu menarik tali pengaitnya, saja. Apabila Bunda tak sengaja menyentuhnya, maka segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer beralkohol, ya.

5. Menggunakan masker yang kotor atau basah

Tergantung pada jenis masker yang Bunda gunakan, penting untuk membersihkannya dengan benar atau mencuci jika menggunakan masker kain. Jika Bunda mengenakan masker kain, pastikan untuk mencucinya dengan air hangat dan deterjen hingga bersih, lalu keringkan di bawah sinar matahari.

Untuk masker medis, Bunda hanya dapat memakainya sekali dan tak bisa dicuci untuk dipakai kembali.

Selain masker harus pas saat digunakan, juga penting masker tidak kotor atau basah ya, Bunda. Masker basah kurang efektif melawan virus, sehingga membuat Bunda atau orang yang dekat dengan Bunda berisiko tertular virus.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk melindungi keluarga tercinta dari risiko terinfeksi Corona ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk tips aman ngantor saat new normal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi