sign up SIGN UP search


moms-life

Pentingnya Terapkan Prinsip 3M agar Mencegah Bunda Jadi OTG

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 09 Oct 2020 12:57 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation caption
Jakarta -

Tahukah Bunda? Sekitar bulan Juli lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa mayoritas pasien COVID-19 berasal dari kelompok orang tanpa gejala (OTG). Menurut Koordinator RS Darurat COVID-19 Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H., timbulnya OTG sebenarnya dari masyarakat sendiri yang terpapar virus Corona.

Kelompok OTG bisanya tidak sadar terpapar virus COVID-19 karena tidak menerapkan 3M dengan benar, Bunda. Apa itu 3M? Prinsip 3M adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

"Timbulnya OTG itu dari masyarakat yang terpapar oleh virus Corona. Yang paling penting saat ini justru bagaimana menekannya, bagaimana masyarakat memutus rantai penularan itu yang paling penting," kata Tugas, di Talkshow BNPB Pembukaan Hotel Isolasi Mandiri dan Pengaruhnya Terhadap Wisma Atlet, Senin (5/10/2020).


"Caranya dengan betul-betul saat ini melaksanakan 3M. Pakai masker, mencuci tangan, jaga jarak. Itu yang paling gampang dilakukan oleh masyarakat," sambungnya.

Di saat yang sama, Tugas juga berpesan apabila Bunda atau keluarga merasakan gejala terpapar COVID-19, meskipun ringan harus segera mengkonfirmasi, supaya segera diisolasi, dan rantai penyebaran virus pun bisa terputus.

Sependapat dengan Tugas, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr. Slamet Budiarto, SH., MH.Kes, juga mengatakan bahwa harapannya adalah masyarakat selalu sadar dengan menerapkan prinsip 3M.

"Harapan kami pada masyarakat dengan kesadaran 3M. Nomor satu itu, nomor kedua itu, nomor ketiga itu juga. Kemudian jauhkan dari kerumunan," kata Slamet.

Jadi, jangan lupa untuk selalu terapkan 3M ya. Semoga Bunda dan keluarga terlindungi dan tidak menjadi OTG dari virus COVID-19 ya.

Jangan lupa juga selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Simak juga cara tepat pakai masker berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!