sign up SIGN UP search


moms-life

6 Ciri-ciri Gaslighting dalam Pernikahan, Pahami Sebelum Terlambat

Arina Yulistara Rabu, 14 Oct 2020 19:02 WIB
Unhappy young couple arguing standing at house door, angry husband pointing at wife blaming her of problems, conflicts in marriage, bad relationships, man and woman having quarrel or disagreement Ciri-ciri gaslighting dalam pernikahan/Foto: iStock

Fenomena gaslighting sering terjadi dalam hubungan asmara. Apa mungkin Bunda salah satu korban gaslighting? Kenali dulu ciri-ciri gaslighting dalam pernikahan. 

Gaslighting dalam pernikahan terjadi karena ingin mempertahankan kendali atas pasangannya. Menurut terapis Andrea Papin, RTC, dan Jess Jackson, LMT, dari Trauma Aware Care, gaslighting dalam hubungan asmara terjadi karena mereka ingin berada di posisi yang benar dan pasangan selalu salah.

Terkadang, Bunda tidak sadar kalau menjadi korban gaslighting. Untuk itu, pahami sejak dini ciri-ciri Bunda menjadi korban gaslighting dalam pernikahan agar tidak terlambat, yang akhirnya merusak kesehatan mental serta rumah tanggamu.


Ini dia ciri-ciri gaslighting yang harus Bunda pahami sejak dini. 

1. Meragukan Realitas Diri Sendiri

Ciri-ciri gaslighting/iStock
Ciri-ciri gaslighting/iStock

Ketika Bunda mulai meragukan realitas diri sendiri, mungkin itu merupakan ciri-ciri gaslighting. Bunda akan menebak-nebak realitas diri sendiri sampai pada titik di mana merasa kehilangan jati diri. Ini menjadi ciri-ciri utama gaslighting

“Hal yang paling merusak dari gaslighting adalah membuatmu sulit percaya diri,” ujar Aki Rosenberg, LMFT, seperti dilansir dari Mind Body Green.

2. Suami Selalu Meremehkan Bunda

Saat Bunda mengemukakan kekhawatiran atau berbagi perasaan dengan suami, mungkin menjadi berpikir dirimu yang salah. Dalam hubungan pernikahan yang sehat, suami seharusnya bisa mendengarkan kekhawatiranmu dan membantu mengatasinya. 

Terapis klinis Alexis Suttton memberitahu kalau pasangan sering berkata, ‘Kamu hanya terlalu sensitif’ atau ‘Kamu tidak boleh merasa seperti itu’, mungkin mereka sedang membela diri. Beberapa pelaku gaslighting bahkan menyangkal fakta yang sebenarnya terjadi agar Bunda selalu merasa yang salah adalah diri sendiri.

3. Tidak Membiarkan Bunda Berbicara Saat Bertengkar

Ciri-ciri gaslighting/iStock
Ciri-ciri gaslighting/iStock

Pertengkaran merupakan hal wajar yang terjadi dalam rumah tangga. Namun ketika setiap bertengkar Bunda merasa suami selalu memotong omongan, dan tidak membiarkanmu berbicara, bisa jadi ini ciri-ciri gaslighting

“Jika menemukan diri sendiri memilih takut mengatakan masalah langsung ke pasangan, menulis e-mail atau pesan teks panjang untuk menyampaikan maksudmu karena tidak berani mengungkapkannya secara langsung, mungkin mengalami gaslighting,” jelas Sutton.

4. Suami Tak Pernah Minta Maaf

Saat Bunda berbagi perasaan kurang nyaman dengan suami dan mereka kurang empati, itu bisa menjadi ciri-ciri gaslighting. Pelaku gaslighting tidak akan meminta maaf atas apa yang mereka lakukan. 

“Kalau pasangan tidak meminta maaf saat kamu mengungkapkan rasa sakit tapi justru menyakinkan dirimu agar tidak seharusnya memikirkan perasaan itu, bisa jadi tanda gaslighting,” tambah Rosenberg.

5. Percaya Kalau Bunda yang Seharusnya Disalahkan

Ciri-ciri gaslighting/iStock
Ciri-ciri gaslighting/iStock

Ciri-ciri gaslighting lainnya, Bunda selalu percaya seharusnya dirimu yang disalahkan atas semua masalah. Bunda sudah menjadi korban gaslighting jika selalu menyalahkan diri sendiri. 

Suami akan menyangkal, meminimalkan, atau bahkan menyalahkan ketika Bunda sedang membela diri. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa membuat Bunda kehilangan persepsi atas diri sendiri dan percaya bahwa itu adalah kesalahanmu, Bunda. 

“Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan membuat kesalahan dan akan meminta maaf. Jika itu selalu sepihak sepanjang waktu merupakan indikasi bahwa dinamika hubungan telah diatur atas kekuasaan dan kendali salah satu pihak,” kata Rosenberg.

6. Tidak Percaya Diri

Saat Bunda mulai tidak percaya dengan diri sendiri, bahkan sampai pada titik di mana berbagi perasaan sangat sulit dilakukan, ini ciri-ciri gaslighting. Bunda sudah menjadi korban gaslighting jika hal tersebut terjadi.

“Jika kamu merasa tidak pernah bersuara dalam hubungan, itu menjadi pertanda ringan,” ujar terapis Mariel Buque, Ph.D.

Simak juga video hikmah perceraian di mata Kirana Larasati:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi