sign up SIGN UP search


moms-life

Aris yang Selingkuh Malah Katai Kinan Gila Contoh Gaslighting, Ini Kata Psikolog

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 15:19 WIB
Layangan Putus Episode 6 Adegan Viral Layangan Putus/Foto: YouTube MD Entertainment
Jakarta -

Serial Layangan Putus masih membuat banyak netizen gemas, Bunda. Bukan tanpa alasan, jalan cerita yang bikin 'greget' ini membuat banyak netizen terus menanti kisah Aris dan Kinan yang selanjutnya.

Diceritakan bahwa sepasang suami istri bernama Aris (Reza Rahadian) dan Kinan (Putri Marino) tengah berbahagia karena menanti kelahiran anak kedua mereka. Sayangnya, kebahagiaan itu tak berlangsung lama karena Kinan mendapati sang suami ternyata telah berselingkuh dengan wanita lain bernama Lydia (Anya Geraldine).

Dalam salah satu episodenya, ada sebuah adegan viral yang sering diparodikan oleh netizen, Bunda. Adegan ini adalah adegan di mana Kinan membongkar perselingkuhan Aris dan Lydia dengan bukti-bukti yang ia miliki.


Sayangnya, Aris justru mengelak dan membela dirinya dengan mengatakan kalau Kinan terlalu sensitif saat hamil. Ia bahkan mengatakan kalau istrinya itu sudah kehilangan akal.

Menurut seorang psikolog, Indah SJ, M.Psi., adegan viral ini merupakan contoh dari perilaku gaslighting. Hal ini terlihat jelas oleh sikap Aris, Bunda.

"Pertama, Aris mencoba mengalihkan pembicaraan dengan bahwa betapa ia sudah bekerja dengan keras untuk Kinan dan juga Raya, tapi justru Kinan menyatakan hal yang tidak-tidak menurut Aris," katanya dikutip dari akun TikTok @sundarindah, Jumat (14/1/2022).

"Yang kedua, alih-alih meminta maaf atau mengatakan yang sejujurnya, Aris justru mengatakan kalau Kinan gila. Ia menyatakan bahwa apa yang Kinan bilang itu sebenarnya enggak jauh atau enggak lebih dari hal yang gila menurut Aris," sambungnya kemudian.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Sikap ini disebut juga sebagai gaslighting, Bunda. Gaslighting sendiri merupakan perilaku memanipulasi kondisi psikologi seseorang, sehingga seseorang mulai mempertanyakan kesadaran, kewarasan, perasaan, serta pikirannya.

"Seseorang yang biasanya melakukan gaslighting adalah ketika dia sudah berada dalam posisi yang terpojok, tapi dia tidak mau mengakui apa yang menjadi kesalahannya," jelas Indah.

"Dia tidak mau mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi sehingga perilaku yang dilakukan justru menyalahkan lawan bicaranya, supaya justru akhirnya lawan bicara nih yang merasa bersalah dan jadinya bertanggung jawab terhadap pikiran-pikiran yang sebenarnya sudah berdasarkan fakta dan juga fakta yang ada," tambahnya kemudian.

Lantas seperti apa ciri orang yang telah menerima gaslighting ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, saksikan juga video Mommy ASF buktikan sudah move on berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI PENERIMA GASLIGHTING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!