sign up SIGN UP search


parenting

Waspada Bun! 1 dari 9 Orang Positif Corona di RI adalah Anak-Anak

Sabtu, 21 Nov 2020 21:01 WIB
Little children wearing pollution masks at home. Two toddler kids are wearing masks while baby is crying and it’s hard to put mask on her face. caption
Jakarta -

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyoroti proporsi anak-anak Indonesia yang terjangkit pandemi virus Corona atau COVID-19, yakni sebesar 11,3 persen dari total pasien di RI. Angka itu disebut mengkhawatirkan, Bunda.

"Artinya, 1 dari 9 atau 10 orang yang terinfeksi itu adalah anak atau di bawah 18 tahun. Ini proporsi yang cukup memperhatikan," ujar Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Yogi Prawira, SpA(K), Sabtu (21/11/2020).

Meski begitu, dr Yogi menerangkan sebagian besar anak-anak yang terinfeksi Corona memiliki gejala ringan bahkan tanpa gejala. Angkanya sekitar 85 persen. Artinya, sebagian besar bisa sembuh tanpa harus dirawat secara insentif.


"Artinya, jika ada 100 anak-anak terinfeksi virus, maka 85 anak memiliki gejala ringan, bisa sembuh tanpa dirawat," ucapnya.

Dia pun mengingatkan, meski mayoritas anak yang terinfeksi Corona hanya bergejala ringan, ada sekitar 2 persen dari total kasus COVID-19 anak di Indonesia yang mengalami gejala berat hingga kritis.

"Sakit kritis artinya dirawat di ICU, kebetulan ICU anak bahkan sebelum pandemi kita masih kurang," ujarnya, dikutip dari detikcom.

Maka dari itu, untuk menghindari risiko buah hati terjangkit COVID-19, dr Yogi mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan di mana pun berada dan selalau #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda bisa simak tipa tepat mencegah COVID-19 di ruang publik dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi