sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Berdaun Ungu untuk Dekorasi Rumah, Cantik Bun!

Hilda Irach Jumat, 15 Jan 2021 03:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage

Jakarta - Merawat tanaman hias menjadi salah satu tren di kala pandemi. Tanaman hias tak hanya bisa dijadikan dekorasi rumah semata, tetapi juga memiliki manfaat lain lho, Bunda.

Seperti salah satunya dapat menyaring udara dari polusi dan kotoran. Sehingga hunian akan terasa lebih segar sehingga Bunda dan keluarga tentu jadi jauh lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Jenis tanaman hias pun beragam. Bahkan, dedaunannya juga memiliki variasi warna yang berbeda. Mulai dari berwarna hijau, merah, kuning, hingga ungu.


Nah, bagi Bunda yang sedang mengoleksi tanaman hias di rumah, tak ada salahnya nih melirik tanaman hias berdaun ungu. Warna ungu yang berbeda dari biasanya ini bisa memperindah rumah Bunda dengan sentuhan warna yang tak monoton.

Tentu ini akan menjadi pelengkap yang cantik untuk koleksi tanaman hias yang Bunda punya di rumah. Melansir dari Balcony Garden Web dan Apartment Therapy, berikut ini 7 daftar tanaman hias berdaun ungu untuk dekorasi rumah. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bunda.

1. Purple oxalis

Berasal dari Brasil, tanaman hias purple oxalis ini menampilkan dedaunan kincir yang unik dan bunganya yang menyerupai bintang. Sesuai namanya, daun oxalis berwarna ungu pekat.

Beberapa varietas lain menghasilkan daun atau dedaunan ungu dengan aksen yang lebih dalam. Dedaunannya yang halus dan bunga mungilnya menjadikan tanaman hias ini tampak mencolok bila diletakkan di dalam ruangan.

Purple Oxalis TriangularisIlustrasi tanaman hias Purple Oxalis Triangularis/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Crystal Bolin Photography

Menariknya, daun yang berbentuk segitiga ini akan menutup sendirinya pada malam hari dan akan terbuka kembali saat matahari terbit. Sehingga menjadikannya tanaman unik yang menyenangkan untuk dimiliki di sekitar rumah. 

2. Coleus

Tanaman indah dan mencolok satu ini tersedia dalam berbagai warna dan gaya. Sebagian besar, coleus digunakan untuk outdoor, namun tanaman hias ini juga cocok ditanam di ruang indoor.

Corak dan warna dedaunan ungu indahnya berasal dari penerimaan sinar matahari yang cukup. Bila coleus memperoleh banyak cahaya, maka semakin jelas pula warnanya.

Coleus juga mudah dibudidayakan. Daunnya yang menarik dapat menghidupkan ruang tamu rumah Bunda yang tampak kusam.

3. Prayer plant

Tanaman hias ini memiliki corak daun berwarna coklat keunguan yang tidak biasa. Tanaman kecil satu ini menyenangkan untuk di miliki di sekitar rumah.

Prayer plant juga memiliki dua varietas yang berbeda, yang hijau dan yang merah. Sama seperti oxalis, prayer plant juga menutup pada malam hari. Sehingga akan menampilkan daun yang menyerupai tangan berdoa.

Tanaman ini tumbuh subur di atas kelembapan cukup tinggi dan tanah yang disiram merata. Tetapi ia juga dapat menoleransi kondisi yang kering di musim dingin.

4. Ti plant

Ciri khas tanaman satu ini menampilkan dedaunannya yang panjang  berwarna merah dan ungu. Tanaman hias ti plant memberikan daya tariknya sendiri melalui warna daunnya yang elegan.

Tanaman ti adalah pilihan sempurna bagi Bunda yang ingin menambahkan semburat warna, gaya dan efek dramatis di sudut ruangan yang cukup terang.

Varietas lain dari tanaman hias ini juga memiliki daun panjang  dengan garis-garis cerah berbagai warna seperti merah muda, putih, krem, atau warna ungu yang lebih mendalam.

Tanaman hias ini juga pilih-pilih tentang sinar matahari, Bunda. Ia menyukai berada di tempat yang menerima sinar matahari parsial.

Apa lagi tiga tanaman berdaun ungu lainnya? Lihat di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bunda

Lihat juga video berikut mengenai tanaman hias termahal yang bisa menembus miliaran rupiah

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara Sriwijaya



 

(ziz/ziz)
1. Tanaman Hias Daun Warna Ungu
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi