sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menyelamatkan Nasi dan Daging yang Terlanjur Gosong, Jangan Panik Bun!

Mutiara Putri Minggu, 07 Feb 2021 16:39 WIB
Diverse Keto Dishes, ribs and salad, Quebec, Canada caption
Jakarta -

Semua Bunda pasti pernah memasak makanan hingga menjadi gosong. Biasanya hal ini terjadi karena Bunda jarang memiliki waktu yang tepat untuk memasak tanpa adanya gangguan, ya.

Terkadang saat memasak, si kecil asyik berlarian di dapur dan berteriak. Tak jarang, dering telepon,komputer, hingga tamu yang datang membuat Bunda lupa dengan apa yang sedang dikerjakan di dapur.

Jangan merasa bersalah ya, Bunda. Setiap orang pasti pernah melakukan hal serupa, termasuk koki profesional sekalipun. Namun, sekarang Bunda tidak perlu lagi panik dan langsung membuang semua masakan saat hal serupa kembali terjadi. Ada beberapa cara yang bisa lakukan, nih.


Melansir laman She Knows dan Today, berikut 5 cara menyelamatkan masakan yang terlanjur gosong. Jangan panik ya, Bun.

1. Daging gosong

Saat Bunda membiarkan rebusan daging terlalu lama, terkadang bagian bawah panci mulai gosong dan bagian daging tertentu menjadi gelap dan cokelat. Akibatnya, saus yang akan digunakan sebagai teman daging terancam akan terasa lebih pahit.

Untuk itu, Bunda harus segera matikan kompor dan mengangkat daging dari panci. Setelahnya, cuci panci dan pindahkan daging ke panci yang baru.

Jika daging gosong itu adalah steak atau potongan daging yang digoreng dengan api tinggi, maka bagian dalam daging terancam tidak matang. Solusinya, panggang daging dengan wajan, kemudian pindahkan ke dalam oven di mana daging akan matang tanpa menjadi cokelat.

2. Sayur Gosong

Sebagian besar sayuran yang telah dikukus atau direbus terlalu lama dapat diselamatkan jika Bunda segera mematikan kompor, tiriskan, dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air es. Setelahnya, diamkan selama satu atau dua menit sebelum akhirnya kembali ditiriskan.

Ilustrasi masakan gosongIlustrasi masakan gosong/ Foto: Getty Images/iStockphoto/schwartstock

Cara lain untuk mengimprovisasi sayuran yang terlalu matang adalah mengaduknya dengan saus pasta, keju, krim, bumbu, dan apapun yang Bunda sukai. Lalu taburi dengan remah roti dan panggang secukupnya hingga cokelat.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk melihat cara menyelamatkan masakan yang terlanjur gosong lainnya yuk, Bunda.

Lihat juga video berikut mengenai cara buat tips gosong jadi kinclong ala Gisella.

[Gambas:Video Haibunda]



Cara Menyelamatkan Masakan yang Terlanjur Gosong
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi