sign up SIGN UP search


parenting

Anak Ketakutan Lihat Kilat, Ajak Baca Doa Mendengar Petir Yuk Bu

Melly Febrida Jumat, 11 Dec 2020 13:51 WIB
Sad asian little girl looking outside through the window in the rainy day in vintage color tone caption

Sebagian besar anak-anak takut dengan petir. Baru terlihat kilatannya saja sudah menutup telinga, berjaga-jaga dengan suaranya yang menakutkan. Nah, ketika si kecil di rumah juga melakukan hal serupa, Bunda bisa mengajak si Kecil membaca doa ketika mendengar petir.

Dalam buku Doa Sebuah Petunjuk dan Contoh-contoh, Drs Miftah Faridi menuliskan ketika mendengar petir sebaiknya mengucapkan doa ini:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ


Subhaanal-ladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi.

Artinya: "Maha Suci Allah yang bertasbih guruh untuk memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya."


Sementara Syamsul Rijal Hamid dalam Buku Pintar Ayat-ayat Alquran menjelaskan mengenai  etika berdoa nih, Bunda. Salah satunya yang bisa diajarkan ke anak-anak agar berdoa dengan suara lembut.

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Q.S Al-‘raf: 55).

Dalam Q.S Asy Syura ayat 26, dituliskan, "Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina." 

Tips Melindungi Diri saat Petir

Berbicara tentang petir, Jasper Knight, Profesor Geografi Fisik, Universitas Witwatersrand menuliskan petir terjadi ketika udara bergerak di sekitar atmosfer, membentuk awan petir-petir terjadi di seluruh dunia.  Tapi ini sangat umum terjadi di dekat khatulistiwa, tempat badai petir terkuat dan paling energik terjadi. 

Selain itu, lanjut Knight, petir bisa berbahaya untuk manusia. Tidak ada yang tahu berapa banyak orang yang meninggal setiap tahun oleh petir, tapi bisa sampai puluhan ribu di seluruh dunia. 

"Di Afrika Selatan, sekitar 250 orang tewas setiap tahun, terutama di daerah pedesaan di mana hanya ada sedikit perlindungan saat badai terjadi," kata Knight dikutip The Conversation.

Saat petir terjadi, ada beberapa hal praktis yang dapat dilakukan agar tetap aman:

1. Jika berada di luar, pertahankan posisi rendah dan jauhi pohon, tiang, dan air.  Atau tetap berlindung di dalam mobil atau gedung.  Jangan berteduh di bawah pohon.

2. Apabila berada di dalam, jauhi jendela, pintu, benda logam dan air (termasuk keran).

3. Jangan gunakan peralatan listrik (termasuk telepon).

Simak juga yuk tips mengajarkan agar anak mau salat dan mengaji dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensos
(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!