sign up SIGN UP search

moms-life

Mengenal Kanker Payudara Her2-Positif, Bisakah Disembuhkan?

Mutiara Putri Sabtu, 20 Feb 2021 13:40 WIB
Ilustrasi kanker payudara caption
Jakarta -

Ketakutan paling sering yang dirasakan wanita salah satunya terserang kanker payudara. Selain mematikan, kanker ini merupakan jenis yang memiliki kasus tertinggi di Indonesia, terhitung per 2018.

Perlu Bunda tahu, pada 2020, 684.996 orang di dunia meninggal akibat kanker payudara. Dilansir laman Globalcan, diperkirakan 17,7 juta healthy life di dunia akan hilang akibat kematian atau disabilitas karena kanker payudara.

Dijelaskan dokter spesialis bedah onkologi, dr.Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk., M.Epid., MARS, kanker payudara merupakan kondisi yang ditandai terjadinya pertumbuhan sel-sel abnormal secara tidak terkontrol pada kelenjar dan jaringan payudara.


"Sel-sel ini akan membelah diri dengan cepat dan di luar kendali, sehingga jumlahnya berlebihan dan dapat menyebar ke organ tubuh lainnya," kata dokter Sonar, saat acara diskusi virtual Hari Kanker bersama Cancer Information & Support Center (CISC) dengan tema: Kanker Payudara HER2+ Stadium Dini, Jumat (19/2/2021).

Ia menambahkan, meski dijelaskan bahwa kanker payudara merupakan sel-sel yang telah membelah diri, ternyata sel-sel ini dibagi lagi jadi beberapa tipe, yakni Luminal A, Her 2, Luminal B, dan Triple Negatif.

"Yang kita bahas adalah tipe Her 2, di mana permukaan selnya itu banyak sekali mengandung reseptor-reseptor yang disebut Her 2," ujarnya.

Tercatat sekitar 1 dari 5 wanita pengidap kanker payudara mengidap kanker pada tipe Her2-positif. Itu artinya, sekitar 22 persen dari seluruh pasien, Bunda.

Kanker payudara tipe ini bisa dikatakan sebagai tipe yang lebih agresif dari tipe lainnya. Tak hanya itu, kebanyakan pengidap adalah wanita berusia 45 hingga 50 tahun.

"Umur puncaknya sekitar 45 hingga 50 tahun. Dan kita tahu, usia-usia ini memang usia yang sedang banyak pekerjaannya. Baik mengurus anak dan keluarganya. Sehingga makin membebani keluarga pasien," katanya.

Lantas yang jadi pertanyaan, apakah kanker payudara Her2-positif bisa disembuhkan? Seberapa jauh dampak kanker payudara pada pasien dan keluarga? Klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga penyebab dan cara cegah kanker serviks, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

BISAKAH KANKER PAYUDARA HER-2 POSITIF DISEMBUHKAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi