sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengatur Uang Belanja Mingguan untuk Para Ibu Rumah Tangga

Arina Yulistara Minggu, 16 May 2021 17:35 WIB
BELANJA SESUAI DAFTAR DAN BUDGET YANG ADA
Sering kelimpungan karena tak bisa mengatur budget uang belanja? Yuk belajar mengatur uang belanja mingguan terutama untuk para ibu rumah tangga. caption

4. Hindari Belanja Saat Lapar

Bunda disarankan tidak pergi belanja saat sedang lapar. Ketika perut lapar maka akan kekurangan tenaga serta pikiran tak fokus. Ini bisa membuat Bunda lebih konsumtif. 

Ingat, Bunda saat ini sedang belanja kebutuhan rumah tangga jadi hindari perasaan impulsif. Sebaiknya, isi perut dulu sebelum pergi belanja ya, Bunda. 

5. Harus Sesuai Budget

Ketika budget belanja mingguan sudah ditentukan maka hindari belanja keluar dari anggaran. Misalnya saja ketika belanja melihat ada makanan yang sedang viral kemudian terpengaruh membelinya.


Hal tersebut menyebabkan Bunda belanja jauh lebih mahal dari budget. Ini tentu akan membuat pengaturan keuangan belanja mingguan berantakan. 

Jika sekali dilakukan maka bisa berlanjut dan menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, Bunda harus disiplin dengan budget belanja mingguan yang dibuat sendiri. 

Kalau memang ingin membeli sesuatu di luar daftar belanja mingguan, lihat keuangan terlebih dahulu. Apakah memang ada uang tambahan bulan ini yang belum terpakai? 

Bunda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk membelinya, bukan dari budget belanja mingguan. Jadi, pisahkan antara kebutuhan dan keinginan ya, Bunda. Hal ini juga disarankan oleh perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie. 

“Perempuan harus memahami perbedaan antara kebutuhan versus keinginan ya,” ujar Prita dalam videonya di media sosial ZAP Finance. 

Demikian tips untuk Bunda agar bisa lebih tepat mengatur keuangan rumah tangga. Semoga bermanfaat.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!