sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Arina Yulistara Jumat, 16 Apr 2021 10:34 WIB
Mengelola keuangan rumah tangga perlu strategi agar bisa mencukupi segala kebutuhan. Simak tips terbaik mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, Bunda. caption

Menjadi istri juga perlu berperan sebagai bendahara rumah tangga. Apa Bunda juga merasakannya?

Ya, Bunda perlu mengatur keuangan rumah tangga agar semua kebutuhan bisa tercukupi hingga akhir bulan. Ini akan menjadi tantangan tersendiri terutama bagi para Bunda yang sudah tidak bekerja.

Mengelola keuangan rumah tangga hanya dengan satu pendapatan perlu strategi agar bisa mencukupi segala kebutuhan. Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros?


Dilansir dari CNBC International, perencana keuangan Josh Monroe memberikan tips-tips terbaik mengatur keuangan rumah tangga agar sesuai tempatnya dan tidak menjadi boros. 

1. Bersikap realistis

Bersikaplah realistis pada keuangan rumah tangga, Bun. Jika belum pernah mencatat pengeluaran selama ini maka sekarang saatnya. 

Dengan mencatat pengeluaran maka bisa mengetahui berapa banyak uang yang sebenarnya dikeluarkan untuk kebutuhan dan keinginan. Cara sederhana menyusun anggaran dengan menganalisis laporan mutasi rekening yang biasa digunakan untuk belanja serta kebutuhan sehari-hari. 

Tidak hanya itu, Bunda juga perlu melihat pengeluaran kartu kredit dan mutasi rekening selama dua bulan terakhir. Kemudian tulis daftar pengeluaran rutin seperti pembayaran uang sekolah anak, cicilan, serta tagihan rumah tangga lainnya. 

2. Praktik

Setelah membuat daftar dan menulis hasil analisis pengeluaran rumah tanggamu, coba praktekkan saja. Bunda bisa mulai setelah suami mendapatkan gaji dan belanja kebutuhan rumah tangga.

Bayarkan semua tagihan wajib pada awal bulan. Kemudian tulis semua pengeluaran sekecil apa pun walaupun hanya Rp500. Ini bisa membantumu konsisten menuliskan segala pengeluaran rumah tangga. 

Jika jumlah kecil tidak Bunda tulis atau terabaikan maka akan sangat mempengaruhi penyusunan anggaran secara keseluruhan. Bunda akan terbiasa mengabaikan pengeluaran kecil yang mungkin sebenarnya menjadi besar jika dijumlahkan.

3. Saving

Jangan lupa menabung, Bunda. Penting sekali menabung untuk masa depan keluarga kalian. Utamakan dana darurat, pensiun, dan sekolah anak. Bunda harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung agar tidak boros.

Untuk tips lainnya, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video tips mengelola keuangan:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATUR KEUANGAN DI RUMAH TANGGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!