sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Perbanyakan Generatif Tanaman Hias Adenium, Begini Panduannya Bun

Vauri Audia Sabtu, 27 Mar 2021 15:48 WIB
Pink rose Adenium, Desert Rose, flower blossom in the gardenPink rose Adenium, Desert Rose, flower blossom in the garden caption

Jakarta - Pada umumnya, tanaman hias bunga adenium atau dikenal dengan kamboja Jepang telah semakin banyak berkembang di pasaran akibat semakin banyaknya jenis baru yang menghasilkan variasi warna. Hal itu diperoleh dengan adanya perbanyakan yang dilakukan pada tanaman hias adenium, Bunda.

Tujuan utama perbanyakan tanaman hias adalah memperoleh lebih banyak jumlah (generasi) tanaman. Di samping itu dengan perbanyakan tanaman hias, dapat memelihara atau mempertahankan sifat penting dari keasliannya.

Nah, bila Bunda ingin memperbanyak varietas adenium, salah satunya bisa dilakukan dengan cara perbanyakan generatif. Berikut ini caranya, dikutip dari buku Membuat Adenium Tampil Indah Menawan.


Banner Susuk Suami

Kelebihan dan Kekurangan Perbanyakan Generatif

Perbanyakan secara generatif dilakukan melalui biji. Hal yang perlu Bunda perhatikan dalam melakukan perbanyakan adenium secara generatif (persilangan), adalah anakan yang dihasilkan akan berbeda dengan induknya.

Hal itu disebabkan adanya kemungkinan terjadi penyimpangan sifat tanaman hias karena mutasi genetik. Selain itu, tanaman hias hasil perbanyakan dengan biji memiliki waktu yang relatif lebih lama untuk berbunga. Pembentukan buah dan biji hanya terjadi jika adanya penyerbukan saja, sementara tidak semua bunga mengalami penyerbukan.

Namun, dari semua kekurangan itu, perbanyakan generatif masih bisa Bunda perhitungkan. Sebab, jumlah tanaman hias baru yang dihasilkan bisa berjumlah banyak.

Salam satu polong adenium saja bisa mengandung lebih dari 100 biji. Kelebihan lainnya, adenium yang berasal lewat perbanyakan biji bisa membentuk bonggol besar dan indah, yang menjadi salah satu daya tarik dari tanaman hias ini.

Tata Cara Perbanyakan secara Generatif

1. Membantu Penyerbukan

Penyerbukan pada dasarnya dilakukan dengan menempelkan serbuk sari ke kepala putik dengan bantuan manusia, Bunda. Penyerbukan yang paling efektif dilakukan lewat angin dengan cara mengembuskannya ke dalam corong bunga yang telah terdapat serbuk sari dan kepala putik yang sudah matang di dalamnya.

Angin tersebut berasal dari dalam hand sprayer kecil kosong yang dipompa, sehingga di dalamnya terdapat tekanan angin yang cukup besar. Jika penyerbukan tanaman berhasil, maka bakal buah akan membesar dan berkembang menjadi buah yang menyerupai sepasang tanduk.

Untuk tips lainnya, klik halaman selanjutnya, Bunda.

Simak juga video cara merawat janda bolong:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA PERBANYAKAN TANAMAN HIAS ADENIUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi