sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Mudah Membasmi Hama Serangga Agas yang Menyerang Tanaman Hias Bunda

Vauri Audia Kamis, 01 Apr 2021 04:01 WIB
Indoor houseplants next to a window in a beautifully designed home or flat interior. caption

Jakarta – Bagi pemilik tanaman hias, kehadiran hama bisa jadi hal yang tak diinginkan dan wajib dibasmi. Hama ini bisa merusak tanaman hias koleksi Bunda, lho. Salah satunya adalah serangga agas.

Serangga kecil mirip lalat atau nyamuk berukuran sekira 3 mm itu suka terbang di sekitaran tanah pot yang lembap. Kemunculan agas ini biasanya terjadi ketika campuran media pot mengandung terlalu banyak kelembapan.

Oleh karena itu, cara mengantisipasinya adalah dengan menghindari penyiraman secara berlebihan ya, Bunda. Namun, bila kerusakan sudah terlanjur terjadi, lantas langkah apa yang bisa dilakukan? Jangan khawatir, Bunda bisa membasmi agas-agas tersebut bila mengikuti 3 tips berikut, dikutip dari Better Homes and Gardens.


Banner zaskia sungkar melahirkan

1. Buat Perangkap Agas Menggunakan Cuka

-Tempatkan satu sendok makan gula dalam mangkuk.

-Tambahkan 2-3 tetes sabun pencuci piring yang wangi dan secangkir cuka putih ke dalam mangkuk yang sama. Tutupi mangkuk menggunakan bungkus plastic dengan erat.

-Buat beberapa lubang kecil di cling wrap. Kemudian, letakkan mangkuk di dekat tanaman rumah dan biarkan semalaman untuk menangkap lalat.

2. Gunakan Perangkap Lalat Lengket

Jika bau cuka yang menyengat sulit bagi Bunda untuk membuat perangkap agas buatan sendiri, mungkin membeli perangkap agas yang lengket bisa jadi pilihan.

Sebab, perangkap ini dapat digantung di cabang tanaman, atau ditempatkan langsung ke dalam tanah untuk menangkap segala jenis hama dan serangga yang tidak diinginkan. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi populasi telur agas yang tertanam di dalam tanah.

Dengan demikian, Bunda harus rajin memeriksa dan mengganti perangkap, jika sudah dipenuhi agas setiap beberapa hari sekali. Selain itu, hindari menyentuh daun tanaman hias dengan kertas lengket dan mewaspadai kemungkinan jebakan yang tidak beracun dan bersisi ganda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Gunakan Perangkap Lalat Dalam Ruangan

Sudah menggunakan berbagai cara, tapi tak kunjung berhasil mengusirnya dari tanaman hias? Mungkin Bunda mungkin ini saatnya membeli alat penangkap lalat dalam ruangan. Perangkat ini bekerja secara elektrik dengan menggunakan listrik yang dihubungkan dengan kabel USB, dan menggunakan kombinasi lampu LED serta kipas untuk menarik dan menyedot lalat ke dalam perangkap.

Penggunaannya sangat mudah. Hanya dengan memasang umpan di alat ini, lalu nyalakan, dan pada saat lalat terpancing terhadap umpan, putaran dari piringan khusus akan memaksa masuk ke dalam lubang perangkap di dalam.

Untuk tips lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda!

Simak juga jenis tanaman hias anthurium, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENCEGAH BERKEMBANGNYA AGAS PADA TANAMAN HIAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi