sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Merawat Tanaman Hias Bonsai Agar Subur

Vauri Audia Rabu, 31 Mar 2021 17:32 WIB
Seorang warga Kampung Bali, Jakarta Pusat, merintis budidaya tanaman bonsai mini. Tak main-main, cuan yang dihasilkan mencapai puluhan juta lho. Penasaran? caption

Jakarta - Bonsai bisa dibilang pohon yang dikerdilkan, biasanya ditanam dalam sebuah pot berukuran rendah. Tanaman hias bonsai dibuat sebagai miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Dengan adanya tanaman hias bonsai, Bunda akan bisa melihat keindahan pohon yang aslinya berukuran besar di dalam atau di halaman rumah sendiri.

Bila ingin merawat bonsai, sebaiknya Bunda putuskan terlebih dahulu jenis mana yang paling cocok untuk rumah dan lingkungan sekitar. Setelah memutuskan jenis tanaman bonsai apa yang ingin dipilih, langkah berikutnya tentu perlu merawatnya dengan baik.

Merawat tanaman hias bonsai memang susah-susah gampang, Bunda. Namun, selama Bunda mengikuti cara yang benar dalam merawatnya, maka tanaman bisa tumbuh dengan baik.


Banner zaskia sungkar melahirkan

Berikut cara merawat tanaman hias bonsai dengan baik agar subur dan cantik untuk hiasan rumah, dikutip dari Better Homes and Gardens.

1. Sinar Matahari yang Cukup

Pastikan tanaman hias bonsai mendapatkan sinar matahari yang tepat. Sebagian besar tanaman hias bonsai luar ruangan, sebaiknya ditempatkan di lokasi yang teduh dengan sinar matahari parsial.

Sementara tanaman bonsai dalam ruangan, lebih menyukai tempat yang terang, tapi terlindung dari sinar matahari langsung.

Sebaiknya, pada 2 minggu pertama setelah bonsai ditanam, jemurlah di bawah sinar matahari selama 1 – 3 jam. Setelah itu, Bunda bisa menambah waktu penjemuran secara bertahap untuk selanjutnya.

2. Kelembapan

Tanaman hias bonsai menyukai kelembapan yang sedang, tetapi Bunda juga harus memastikan agar akarnya tidak tergenang air.

Tanaman hias bonsai memiliki sistem akar yang sangat kecil dan dapat mengering dengan cepat. Dengan demikian, penting untuk menjaga tanaman hias ini agar tetap lembap dengan cara melakukan penyiraman sesuai frekuensi dan jumlah air yang cukup dengan kelembapannya, terutama selama cuaca kering serta panas.

Jika musim kemarau tiba, Bunda bisa menyiram tanaman hias ini dengan lebih banyak air. Jangan lupa untuk membasahi bagian daunnya supaya tanaman hias bonsai tidak mati dan kering. Namun, jika musim penghujan, maka siramlah bonsai pada pagi dan sore hari.  

Untuk cara lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga video tanaman hias aglaonema unik:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MERAWAT BONSAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi