sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Mudah Membasmi Hama Serangga Agas yang Menyerang Tanaman Hias Bunda

Vauri Audia Kamis, 01 Apr 2021 04:01 WIB
CARA MENCEGAH BERKEMBANGNYA AGAS PADA TANAMAN HIAS
young woman in white t-shirt holds in her hands a wicker pot with a ficus flower. cropped photo. Decorative home plant. Casual lifestyle series in modern scandinavian interior caption

Walaupun membasmi agas dapat dilakukan dengan mudah, namun mencegah timbulnya agas dengan membasmi telur larvanya sejak awal, tak ada salahnya bukan?

Agas jamur bisa menyebarkan telur yang kemudian berkembang menjadi larva. Larva dari serangga ini dapat memakan ganggang dan akar tanaman. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah berkembangnya agas pada tanaman hias, di antaranya:

1. Hindari penyiraman berlebihan

Hal yang paling utama Bunda perhatikan adalah agar mempertahankan tanah tetap lembab, namun jangan membiarkan tanah terlalu overwatering.


Berikan jeda sejenak pada jadwal penyiraman yang biasa Bunda lakukan pada tanaman hias. Membiarkan tanah sedikit mengering, namun jangan sampai tanaman layu adalah cara efektif untuk mencegah perkembangbiakan telur agas pada tanah yang lembap.

2. Pilih pot tanaman dengan drainase yang baik

Pot dengan drainase yang baik akan mencegah agas bertelur di tanah dan juga akan melindungi tanaman indoor dari masalah umum seperti pembusukan akar. Selain itu, rajinlah Bunda untuk membuang kelebihan air yang mungkin terkumpul di wadah pot.

3. Memeriksa Kesehatan Tanaman Sebelum Membelinya

Sebelum memasukkan tanaman ke dalam ruangan, periksa dengan baik untuk memastikannya bebas dari serangga. Bahkan, sebelum Bunda membeli tanaman baru pun, periksa juga untuk memastikan tidak ada serangga yang menempel dari tanaman hias lain.

Setelah itu, sebaiknya gunakan juga pot steril ketika menanam atau repotting.

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi