sign up SIGN UP search


moms-life

Klimaks Saat Hubungan Seks, Apa Efeknya Pada Tubuh?

Kinan Minggu, 04 Apr 2021 22:00 WIB
Happy young couple embracing and looking at each other while lying in bed together caption

Salah satu hal yang banyak diimpikan oleh pasutri saat berhubungan seks yakni klimaks alias orgasme. Nah, ketika sudah tercapai klimaks pada wanita, apa saja yang terjadi pada tubuhnya?

Dikutip dari Pop Sugar, saat seorang wanita terangsang secara seksual, jantungnya mulai berdetak lebih cepat dan napas pun jadi lebih cepat.

Berbagai otot di sekujur tubuh akan mulai mengencang, termasuk payudara. Bahkan pada sebagian wanita, kulit tubuhnya akan sedikit memerah terutama di wajah, leher dan dada.


Pada periode tersebut pelumas alami juga akan diproduksi di dalam vagina, sehingga penetrasi jadi terasa lebih nyaman dan tak nyeri.

Berikut ulasan tentang hal-hal yang terjadi di tubuh ketika tercapai klimaks pada wanita.

1. Terjadi perubahan hormonal

Menurut terapis psikoseksual Ellie Birtley, secara biologis tubuh akan memberi respons hormonal terhadap rangsangan seks. Respons ini utamanya melibatkan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron.

Penelitian terbaru menemukan peran dopamin, zat kimia dalam tubuh yang berkaitan dengan rasa rileks dan kesenangan.

"Segera setelah orgasme, otak wanita akan dipengaruhi oleh lonjakan dopamin. Efeknya, akan muncul rasa bahagia," ujat Birtley, dikutip dari Women's Health Mag.

2. Aliran darah meningkat di area panggul

Kelenjar klitoris berisi sekitar 8.000 ujung saraf, sehingga mampu menyebarkan sensasi yang dirasakan ke 15.000 saraf lain di panggul.

"Ciri khas dari fase ini adalah peningkatan aliran darah ke organ genital, mengakibatkan adanya pembengkakan dan lubrikasi pada vagina," imbuh Birtley.

Peningkatan aliran darah ini juga membuat sebagian tubuh terlihat tampak lebih merah. Termasuk di bagian payudara, wajah, dada dan perut.

Apa lagi yang terjadi pada tubuh wanita saat klimaks? Intip di halaman berikutnya, Bunda!

Simak juga video soal pil kontrasepsi darurat:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK KLIMAKS PADA TUBUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi