sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Memilih Tanaman Hias yang Tepat untuk Pagar Rumah

Vauri Audia Senin, 05 Apr 2021 18:22 WIB
Fence with beautiful blue morning glories. caption

Jakarta - Pagar menjadi bagian dari rumah yang pertama kali akan dilihat tamu. Jadi, untuk memberikan tampilan menarik bagi rumah, tidak ada salahnya mulai sekarang Bunda memilih beberapa tanaman hias buat menghias pagar.

Namun, tidak semua jenis tumbuhan bisa Bunda jadikan tanaman hias untuk pagar. Pemilihan tanaman hias yang tepat disesuaikan dengan keinginan dan kondisi rumah Bunda.

Tanaman hias perdu atau semak yang dapat dipotong rata misalnya, cocok buat menghiasi pagar rumah Bunda. Bentuknya yang rapi dan kaku, sehingga memberi kesan formal. Sementara itu, jika Bunda menginginkan tampilan pagar yang kesannya lebih santai, tanaman hias bunga bisa menjadi alternatif lainnya.


Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh

Tertarik untuk menghiasi rumah dengan tanaman hias? Simak beberapa tips memilih tanaman hias yang tepat untuk pagar rumah berikut ini, dirangkum dari buku Ragam Disain Pagar Tanaman.

1. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Jenis tanaman hias yang digunakan sebagai pagar harus mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca. Pilihlah jenis tanaman hias yang sesuai dengan lingkungan setempat, seperti iklim mikro, kelembapan, suhu, jenis tanah, dan tingkat kesuburan tanah.

Supaya menghasilkan tanaman hias dengan pertumbuhan yang baik. Jika ingin lebih aman, Bunda bisa gunakan tanaman hias yang cocok di segala iklim dan perubahannya, seperti jenis perdu (mawar, lantana, bugenvil, soka, dll).

2. Bersifat Tahunan

Keji beling, teh-tehan, soka, dan puring, cocok untuk dijadikan tanaman hias untuk pagar karena sifatnya yang tahunan. Bersifat tahunan ini maksudnya punya siklus hidup lama atau mempunyai usia tanam yang panjang, serta pertumbuhannya relatif lambat.

Hal tersebut bertujuan supaya penggunaan tanaman hias bisa lebih lama (long lifetime), sehingga tidak perlu sering diganti, dan pemangkasan juga tidak terlalu sering dilakukan.

3. Tidak Mudah Menggugurkan Daun

Hindari memilih jenis tanaman hias yang mudah menggugurkan daun. Sebab, jenis tersebut dapat membuat tampilan rumah Bunda terkesan tidak menarik dan perawatannya sulit bila digunakan sebagai pagar.

Untuk tips lainnya, klik halaman selanjutnya, Bunda!

Simak juga video tanaman hias aglaonema:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MEMILIH TANAMAN HIAS UNTUK PAGAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi