sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Memilih Biji dan Bibit Tanaman Hias Anthurium, Jangan Tertipu Bun

Vauri Audia Minggu, 04 Apr 2021 13:39 WIB
Ilustrasi anthurium caption

Jakarta – Tak hanya pemilihan tampilan tanaman hias yang perlu Bunda cermati. Memilih biji dan bibit juga tak kalah penting lho, Bunda.

Misalnya saja Bunda ingin merawat tanaman hias anthurium sejak awal pertumbuhan, maka perlu memerhatikan kualitas biji dan bibit. Hal ini supaya tanaman hias tumbuh dan menghasilkan varietas yang cantik.

Sebelum membeli, Bunda memperhatikan dengan baik biji dan bibit yang ada di toko, ya. Nah, berikut ini tips memilih biji dan bibit tanaman hias anthurium, dikutip dari buku 88 Tips & Trik Jawara Anthurium.


1. Pilih Biji yang Berkualitas Baik

Biji tanaman hias anthurium yang berkualitas baik dapat dilihat dari:

  1. Pilih tongkol yang berukuran besar. Semakin besar ukuran tongkol, semakin banyak jumlah biji yang dihasilkan. Bila memilih tongkol yang besar, biji yang dapat dihasilkan sekitar 250 buah.
  2. Perhatikan kematangan buah. Sebaiknya, Bunda harus teliti untuk memilih buah yang matang dan sudah mencuat dari tongkol. Umumnya, buah yang matang memiliki varietas yang bermacam-macam, seperti berwarna oranye, ungu, atau merah. Misalnya, Anthurium berriozapalense yang memiliki buah matang berwarna oranye, sedangkan buah matang Anthurium coriaceum berwarna ungu.
  3. Hindari membeli tongkol potongan, karena daya kecambah nya cenderung rendah, maksimal 30%. Umumnya, tongkol ini telah disimpan dalam waktu lama dengan ciri warna merah tongkol telah memucat dan terdapat lendir.
  4. Pilih biji yang terlihat berisi dan bentuknya tegas, misalnya benar-benar berbentuk bulat atau lonjong. Biji yang bagus disimpan tidak lebih dari 3 minggu setelah pemetikan. Hal ini ditandai dengan warna kuning kehijauan dan ujungnya berbentuk lancip atau bundar. Sementara itu, biji yang telah berumur 3 minggu lebih, ujungnya akan mengeriput dan warnanya berubah kecokelatan.

2. Pilih Bibit yang Berasal dari Anakan atau Setek

Daripada memilih bibit yang berasal dari perbanyakan biji, lebih baik Bunda memilih biji dari bibit setek, karena keasliannya lebih terjamin, dan umumnya tumbuh lebih cepat. Sementara bibit asal semai juga berbeda dengan induknya, karena anakannya memiliki tingkat keragaman yang tinggi.

Misalnya, penyemaian biji tanaman hias anthurium kobra tidak akan 100% menghasilkan anthurium kobra. Bahkan, bisa menjadi Anthurium jenmanii sawi atau Anthurium jenmanii naga (induk awalnya).

Hal ini disebabkan, perbanyakan biji (perbanyakan generatif) dapat menghasilkan anakan dengan tingkat keragaman yang tinggi.

Untuk tips lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga video jenis tanaman hias anthurium bunga:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN DAUN PADA BIBIT TANAMAN HIAS ANTHURIUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi