sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengatur Pencahayaan untuk Ruangan di Rumah Minimalis

Mutiara Putri Jumat, 09 Apr 2021 04:00 WIB
Digitally generated image of a dining room area design with wooden table and chairs. Small kitchen with dining area in 3D rendering. Ilustrasi pencahayaan di dapur/Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Setiap ruangan pada rumah minimalis memiliki tujuan yang berbeda-beda, Bunda. Karena itu, pencahayaan yang digunakan juga berbeda karena harus mencerminkan ruangan tersebut.

Beberapa area seperti dapur atau ruang cuci membutuhkan pencahayaan yang bisa mempermudah tugasnya. Sementara untuk area ruang keluarga lebih cocok dengan pencahayaan keseluruhan yang tidak langsung.

Berdasarkan hal di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap pencahayaan dalam ruangan memiliki jenis yang berbeda. Intensitas cahaya dan lokasi pencahayaan harus berbeda antar ruangan.


Banner 2 Wanita Korea Nikahi Pria Indonesia

Agar Bunda tak salah memilih pencahayaan, dilansir laman Better Homes & Gardens, berikut ini adalah jenis pencahayaan terbaik untuk setiap ruangan.

1. Pencahayaan untuk dapur

Sebagian besar dapur di rumah minimalis memiliki ukuran yang besar. Karena itu, pencahayaan yang dibutuhkan harus memadai, Bunda. Untuk pencahayaan keseluruhan, pilih perlengkapan langit-langit atau lampu tersembunyi yang bisa menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh ruangan.

Setelahnya, pasang sumber cahaya langsung di atas tempat memasak. Lampu dengan liontin adalah pilihan yang cukup populer, Bunda. Lampu di bawah lemari juga sangat bagus untuk mempersiapkan makanan.

Tambahkan pencahayaan dapur dengan lampu aksen untuk fungsi tambahan. Lampu di area ujung kaki antara kabinet dan lantai bisa memberikan cahaya lembut saat Bunda harus berjalan ke dapur di tengah malam.

2. Pencahayaan ruang makan

Ruang makan adalah tempat terjadinya percakapan dan sosialisasi, Bunda. Artinya suasana gelap dan teduh sungguh tidak ideal. Beri ruang makan pencahayaan keseluruhan yang baik. Tambahkan lampu di langit-langit dan lampu tersembunyi.

Untuk pencahayaan ruang makan yang lebih menonjol, Bunda bisa gunakan lampu gantung agar lebih dekoratif dan fungsional. Ingatlah untuk memasang lampu setinggi 85 senti di atas meja dengan langit-langit setinggi 2,5 meter.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video konsep rumah putih yang minimalis tapi luas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



LAMPU KAMAR MANDI HINGGA PENCAHAYAAN RUANG KELUARGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi