sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Putri Nabi Muhammad Nikah Beda Agama, Pisah lalu Rujuk Usai Suami Mualaf

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 17 Apr 2021 23:18 WIB
ABU AL AS MEMILIH CERAI DARI ZAINAB
Arab woman with veil against orange yellow sky caption

Di tengah perjalanan, mereka dihadang oleh kaum kafir Quraisy yang dipimpin oleh Hubar bin Aswad dan Nafi' ibn Abdulqais. Hubar mendorong Zainab hingga terjatuh dari untanya. Padahal, saat itu Zainab sedang hamil, hingga ia mengalami pendarahan, dan gugur kandungannya.

Zainab kemudian resmi berpisah dari suaminya. Abu al As tinggal di Makkah, sedangkan Zainab di Madinah. Keduanya sangat bersedih atas perpisahan yang terjadi.

Enam tahun lamanya, Zainab hidup bersama Rasulullah di Madinah. Selama itu pula, tak henti ia berdoa agar Allah berkenan melapangkan hati suaminya untuk menerima Islam. Sampai suatu saat, pada bulan Jumadil Ula tahun 6 Hijriah, Abu al As keluar untuk berdagang ke negeri Syam.


Ketika hendak kembali pulang, di tengah perjalanan ia bertemu dengan pasukan Rasulullah. Mereka meminta semua harta yang dibawa dan ia pun kemudian menyerahkannya. Dengan demikian, habislah semua harta Abu al As dan harta orang lain yang dibawanya.

Abu al As tidak dapat mengembalikan amanat yang diserahkan kepadanya. Semua harta telah habis, sementara orang-orang yang menitipkan dagangan menunggu kepulangannya. Dalam keadaan bersedih, ia teringat pada Zainab yang sangat mencintai dan setia pada dirinya.

Abu al Ash masuk Madinah secara sembunyi-sembunyi pada waktu malam. Ia meminta pada Zainab untuk memberikan perlindungan, serta menolong untuk mengembalikan hartanya. Zainab kemudian memberikan perlindungan pada mantan suaminya itu.

ABU AL AS PELUK ISLAM, DIPERSATUKAN KEMBALI DENGAN ZAINAB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!