sign up SIGN UP search


parenting

Doa dan Adab Berbuka Puasa Menurut Nabi yang Bisa Diajarkan ke Anak

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 16 Apr 2021 16:17 WIB
Family iftar meal in Ramadan. caption

Jakarta - Mengisi bulan puasa Ramadhan seperti saat ini, jadi cara yang tepat untuk mengajari anak-anak memperdalam agama. Ada berbagai cara yang bisa Bunda lakukan dengan anak-anak di rumah, salah satunya dengan mengajari doa sambil menunggu azan magrib nih, Bunda.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Bunda bisa mengajari amalan atau doa berbuka puasa pada anak-anak. Momen ini diyakini sangat tepat, karena saat berbuka menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa.

Dikutip dari buku Tuntunan Puasa Menurut Alqur'an dan Sunah karya Alik al Adhim disebutkan, ketika berbuka puasa, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.  

Nabi Muhammad bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, doa orang yang terzalimi."(HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani mengucapkan hadis ini sahih).  


Banner Anak Oki Setiana DewiBanner Anak Oki Setiana Dewi/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bunda juga bisa memberitahu anak bahwa ketika berbuka puasa, Rasulullah membaca doa ini:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: "Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah."

Sedangkan umat Islam seringnya membaca doa buka puasa Ramadhan seperti ini, Bunda: 

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ 

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Al Adhim mengatakan, saat berbuka puasa sebenarnya terdapat berbagai amalan yang membawa keberkahan. "Namun kita melalaikannya, lebih disibukkan dengan hal lainnya.  Hal yang utama yang sering dilupakan adalah doa," ujarnya.

Selain berdoa sebelum berbuka puasa, ajarkan sunah-sunah berdoa saat berbuka puasa berikut ini yuk:

1. Memberi makan berbuka

Bunda bisa mulai mengajari anak-anak untuk berbagi lewat sedekah. Beritahu mereka saat diberi kelebihan rezeki oleh Allah, manfaatkan waktu Ramadhan untuk banyak-banyak bersedekah. Memberi makan berbuka itu pahalanya yang amat besar.  

Rasulullah bersabda, "Siapa memberi makan orang berpuasa itu, maka pahalanya seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."  (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, Hasan Shahih).

2. Mendoakan orang yang memberi makan berbuka puasa

Selain bersedekah, ajari anak-anak untuk membalas kebaikan yang telah diterimanya, Bunda. Misal, saat tetangga atau saudara memberikan makan buka puasa, beritahu anak-anak untuk membalas kebaikannya. 

Namun, jika kita tak mampu membalas kebaikannya, maka doakanlah.  Ketika Nabi diberi minum, Beliau mengangkat kepalanya ke langit dan berkata, 

"Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku."  (HR. Muslim no. 2055).

3. Ketika berbuka puasa di rumah orang lain

Selain itu, Bunda dan Ayah juga bisa mulai mengajarkan adab berbuka puasa di rumah orang lain. Ceritakan mengenai kisah Nabi Muhammad ketika berbuka puasa di rumah para sahabatnya.

Nabi Muhammad ketika disuguhkan makanan oleh Sa'ad bin 'Ubadah, ucapannya, "Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat."  (HR. Abu Daud no. 3854 dan Ibnu Majah no. 1747 dan Ahmad 3/118, shahih).

Simak juga yuk Bunda, panduan mengajari anak puasa seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ADAB BERBUKA PUASA SESUAI AJARAN NABI MUHAMMAD
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!