sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Putri Nabi Muhammad Nikah Beda Agama, Pisah lalu Rujuk Usai Suami Mualaf

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 17 Apr 2021 23:18 WIB
ABU AL AS PELUK ISLAM, DIPERSATUKAN KEMBALI DENGAN ZAINAB
Arab woman with veil against orange yellow sky caption

Ketika datang waktu subuh, umat Islam pergi ke masjid. Rasulullah mengumandangkan takbir dan umat Islam pun bertakbir pula bersama Beliau. Tiba-tiba, dari balik dinding terdengar suara, Bunda. Suara tersebut adalah suara Zainab.

"Hai orang-orang, sesungguhnya aku telah melindungi Abu al As. Ia sekarang berada dalam perlindungan dan pengamananku," kata Zainab.

Seusai salat, Rasulullah langsung menghadap para jamaah dan bersabda, "Wahai kaum Muslimin, adakah kalian mendengar suara sebagaimana yang aku dengar? Sesungguhnya Zainab adalah orang yang paling pantas memberikan perlindungan kepadanya."


Kemudian Rasulullah menemui Zainab, lalu berpesan, "Wahai putriku, hormatilah kedudukan Abu al Ash. Sebab tidak ada jalan baginya untuk lepas begitu saja, serta dirimu sama sekali tidak halal baginya, selama ia masih musyrik."

Di tahun berikutnya, pada 7 Hijriah, Abu al As datang kembali ke Madinah dalam keadaan telah memeluk agama Islam. Ia pergi sebagai Muhajir. Ia kemudian dipersatukan kembali dengan Zainab dalam hubungan pernikahan yang Islami, Bunda.

Melihat kesetiaan itu, Rasulullah sangat kagum dengan Zainab yang setia pada suami meski telah lama berpisah, serta telah memutuskan syahwat terhadapnya demi memenuhi perintah Allah. Zainab tetap bersikap baik dan setia memberikan pertolongan kepadanya.

Zainab kemudian wafat pada tahun 8 Hijriah. Sesungguhnya, Zainab memiliki keteladanan yang indah, yakni kesetiaan seorang istri pada suami, ketulusan cinta, dan keteguhan iman, Bunda.

(aci/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!