sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menjadikan Bougenville sebagai Tanaman Hias Merambat

Melly Febrida Selasa, 04 May 2021 16:10 WIB
bougenville in portugal on white wall from house caption

Tanaman hias bougenville alias kembang kertas mempunyai warna yang cantik-cantik. Meskipun seringkali berperilaku lebih seperti semak, bougenville ini juga bisa menjadi tanaman merambat.

Dikutip The Spruce, tanaman hias bougenville secara botani diklasifikasikan sebagai tumbuhan merambat berkayu. Bahkan, si Kembang Kertas ini mudah dilatih untuk tumbuh sebagai semak.

Bunda tentu sering melihat bougenville ini tumbuh merambat di dinding atau pagar. Warnanya pun cerah-cerah. Nah, kalau Bunda ingin  bougenville tumbuh merambat seringkali tanaman membutuhkan bantuan dalam pendakian.


Jadi, sediakan teralis atau melatih mereka melalui espalier agar tumbuh merata dengan penyangganya.

Kalau tidak diberi dukungan atau penyangga, tanaman ini mungkin hanya tergeletak di tanah. Bahkan, dalam beberapa kasus bougenville berfungsi sebagai penutup tanah.

Bougenville memang cocok tumbuh di iklim kita yang tropis. Biasanya daunnya berwarna hijau sepanjang tahun di iklim hangat, tetapi daunnya kadang-kadang akan rontok kalau kurang penyiraman.

Meski tergolong tanaman yang tahan kekeringan, tanaman merambat bougenville akan tampil lebih baik kalau cukup disiram, terutama saat mekar.

Apabila Bunda ingin tanaman merambat bougenville ini sering mekar lebat, cobalah meletakkannya di bawah sinar matahari penuh. Namun, bougenville masih mentolerir di tempat yang mendapatkan cahaya bayangan.

Jangan lupa untuk memangkas  tanaman merambat bougenville setelah selesai mekar.  Tapi, jangan sampai merusak tanaman dengan pemangkasan tersebut. Pemangkasan tahunan akan membuatnya lebih kompak.

Oya, Bunda mungkin bertanya-tanya di bagian mana bunga dari tanaman hias bougenville? Pada bougenville, bagian yang berwarna terlihat sebagai bunga sebenarnya struktur daun yang disebut "bract".  Bunganya, secara teknis, jauh lebih kecil dan tidak terlalu mencolok, warnanya putih pucat hingga kuning.

Bagaimana dengan jenis tanah pada tanaman hias bougenville? Dilansir Homes to Love, sebagian besar tanah bersifat cukup asam. Ini sesuai untuk tempat bougenville tumbuh.

Namun, jika tanah di rumah Bunda bersifat basa, bisa kok diakali. Caranya adalah dengan menanamnya di dalam pot atau kondisikan tanah dengan kelat besi.

Nah, kalau Bunda mau memindahkan tanaman hias bougenville, pastikan media tanam mengandung pupuk kompos ya. Jangan gunakan pupuk kandang.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!