sign up SIGN UP search


moms-life

Dapat SMS ini dari WhatsApp, Jangan Diklik ya Bun!

Mutiara Putri Selasa, 04 May 2021 20:14 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel Ilustrasi WhatsApp/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda, modus penipuan menggunakan aplikasi WhatsApp kembali terjadi, nih. Kali ini, pesan yang tak akan dikirimkan melalui aplikasi, tetapi melalui SMS, Bunda.

Hal ini pun diungkap oleh Direktorat Tindak pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri dalam akun Instagram-nya. Dalam unggahannya, pihak Siber Polri mengatakan bahwa penipu mengaku sebagai nomor resmi WhatsApp, Bunda.

"Para penipu tak pernah kehabisan cara menjerat korbannya, termasuk melalui pesan penipuan yang dikirim dengan SMS," kata Siber Polri, dikutip Selasa (4/5/2021).


"Salah satu bentuk penipuan SMS yaitu mengatasnamakan aplikasi pesan populer, WhatsApp," sambungnya.

SMS tersebut berisikan informasi bahwa si penerima pesan telah memenangkan sebuah hadiah, Bunda. Untuk semakin menarik perhatian korbannya, pelaku penipuan akan menuliskan hadiah uang sejumlah ratusan juta rupiah.

TKW Dinikahi Jenderal ArabTKW Dinikahi Jenderal Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

Dalam tangkapan layar yang diunggah oleh Dittipidsiber, terlihat bahwa pesan yang masuk tidak berasal dari perusahaan resmi WhatsApp, Bunda. Tak hanya itu, korban yang mendapat SMS juga diminta untuk mengklik tautan yang nantinya digunakan sebagai media untuk mencuri akun korban.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi pada Bunda, pihak Siber Polri membagikan cara mencegah agar Bunda tidak menjadi korban berikutnya, nih.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi